Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Melengkapi Huruf Menjadi Kata
Abstract
Kemampuan membaca anak dalam mengenal huruf di Taman Kanak-kanak Al Islah masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan melengkapi huruf menjadi kata. Jenis peneliian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian Taman Kanak-kanak Al Islah kelompok B5. Dengan menggunakan metode praktek langsung, teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, dan format hasil penilaian anak selanjutnya di olah dengan teknik persentase. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca anak dari siklus I pada umumnya masih terlihat rendah, pada siklus I peningkatan kemampuan membaca anak dalam mengenal huruf terlihat masih kurang kreatif yang di lanjutkan pada siklus ke II. Disini dapat disimpulkan kemampuan membaca anak meningkat
Downloads
References
Dhieni, Nurbiana. (1997). Metode Perkembangan Bahasa Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani, Igak, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Suharsimi, Arikunto. (1995). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Belajar pada Anak Usia Dini.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mohammad Fakhrudin. (2003). Cara Mendongeng.Disajikan pada Pelatihan Teknik Mendongeng Taman Kanak-Kanak se-Kabupaten Purworejo. Diakses dari www.umpwr.ac.id/download/artikel/Cara%20Mendongeng.pdf
Nursyania , Artya. (2011). Pengaruh Permainan Tradisional Anjang–Anjangan Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini (Studi Quasi Eksperimen terhadap Anak kelompok B TK Al-Irsyad Satya Islamic School Tahun Ajaran 2010-2011). Bandung: FIP UPI.
Purnawanti dan Eldarni. (2001). Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali
Copyright (c) 2018 Dodi Ahmad Haerudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.