Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah agar anak dapat mengembangkan keterampilan sosial anak yang akan berguna untuk perkembangan sosial anak dalam bersosialisasi dengan lingkungan, salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan sosial anak adalah dengan bermain peran. metode Penelitian Tindakan Kelas terhadap anak kelompok A1 di RA Wadi Sofia Desa Legok Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan semester II tahun 2017/2018 yang berjumlah 15 orang anak. teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan yang sangat pesat, dengan melalui metode bermain peran. Berdasarkan analisis data kondisi awal menunjukan jumlah anak yang keterampilan sosialnya berkembang sangat baik dengan jumlah 1 anak atau 7% pada siklus I meningkat menjadi 3 anak atau 20% dan pada siklus II menjadi 13 anak atau 86%. Hal ini menunjukan bahwa metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok A1 di RA Wadi Sofia Desa Legok Kecamatan Ciadhu Kabupaten Kunigan telah berhasil dengan baik.
Downloads
References
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Terjemahan: Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.
Rini Hildayani. (2011). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susetyo. (2010). Statistik Untuk Analisis Data Penelitan. Refika Aditama
Wardhani & Kuswaya Wihardit. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Terrion, Jenepher Lennox. Susan O’Rielly, and Meredith Rocchi. (2016). Social Competence of Adolescents in Residential Substance Abuse Treatment. Journal Of Child & Adolescent Substance Abuse, pp. 1-12.
Copyright (c) 2017 Nia Ckurnia, Dodi Ahmad Haerudin, Aan Solihati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.