Kecerdasan Visual dalam Pembelajaran Daring Bagi Anak Akibat Pandemi Covid 19
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kecerdasan visual dalam pembelajaran daring bagi anak terdampak social distancing akibat covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Seting Penelitian di PAUD An Nur yang beralamat di di Desa Bakom Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 1 wali murid. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara via whatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan visual anak bertambah dari sisi imajinasi anak. Anak dapat menggambarkan ide-ide menarik seperti berimajinasi menggambar covid-19. Dimana sebelumnya anak belum mengetahui secara detail tentang covid-19 serta bahaya dari virus tersebut.
Downloads
References
Anggito, Albi & Setiawan Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.
Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Diesase 2019 (Covid-19). Diakses tanggal 20 April 2020 dari https://www.kemkes.go.id/article/view/20031700001/Dokumen-Resmi-dan-Protokol-Penanganan-COVID-19.html.
Marpaung, Junierissa. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. Jurnal Kopasta. 4(1).
Miftah, M. 2013. Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. Vol 1(2)
Mona, Nailul. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan. 2(2). 117-1.
Musfiroh, Takdiroatun. 2009. Menumbuh Kembangkan Baca Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Pamadhi, Hajar & Sukardi, S Evan. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pasiak, Taufiq. (2006). Manajemen Kecerdasan. Bandung: Mizan Pustaka.
Reni Sri Wahyuni. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Usia Dini KeLompok A. Jurnal Tunas Siliwangi, 1(4), 38.
Sholichah, Aas Siti. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Neurosains. Jurnal of Early Childhood Islamic Education Study. 01(01)
Sumanto. (2016). Makna Simbolis Gambar Anak-Anak. Jakarta: Gunung Samudra.
Telaumbanua, Dalinama. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. 12(1).
Yaumi, Muhammad. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Group.
Yus, Anita. (2011). Model Pendidikan PAUD. (1sted). Jakarta: Prenada Group.
Yusmaliana, Desfa & Suyadi. (2019). Pengembangan Imajinasi Kreatif Berbasis Neurosains Dalam Pembelajaran Keagamaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 14(2). 267-268.
Yusuf, A Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan. Jakarta: Prenada Group.
Copyright (c) 2021 Dodi Ahmad Haerudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.