Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Anak
Abstract
Penanaman nilai karakter menggunakan metode pembelajaran menjadi sebuah ide dalam memecahkan berbagai permasalahan tentang karakter di PAUD. Metode Storytelling merupakan metode yang sangat cocok digunakan dalam kegiatan yang berujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Dengan metode storytelling dalam proses kegiatan pembelajaran akan dapat menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini terutama pada usia taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode storytelling berbasis cerita rakyat mampu untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak di RA Bani Utsman Darma. Jenis Pendekatan dari penelitian kualitatif yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan menggunakan observasi , wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian cerita rakyat dapat mengembangkan karakter untuk anak usia dini. Hal ini terjadi disebabkan beberapa faktor yaitu kecakapan guru ketika membawakan cerita, cerita rakyat sudah dimodifikasi sehingga lebih sederhana dan mudah dipahami, kegiatan ini dilengkapi dengan media gambar sebagai ilustrasinya, tema cerita rakyat dipilih sesuai dengan minat anak dan karakteristik anak, dan cerita tidak terlalu panjang sehingga anak tidak bosan. Nilai karakter yang dapat diambil dari beberapa cerita rakyat yaitu tanggung jawab, berani, kerja keras, dan tolong menolong. Cerita rakyat memberikan contoh pada anak agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari anak.
Downloads
References
Azizah., Marmawi., Ali. (2017). Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Khodijah. Journal PG-PAUD Universitas Tanjung Pura . Pp1-8
Brewer, Jo Ann (2007). Introduction To Early Childhood Education, preschool through primary grades. USA: Pearson Education Inc
Creswell. J.W. (2014) Research Design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: pustaka belajar (Judul Asli: Research Design (Qualitative, Kuantitatif, And Mixed Method Aprroaches, Third Edition).
Fitroh., Sari. (2015). Dongeng Sebagai Penanaman Karakter Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trinojoyo, Volume 2 No 2 Oktober 2015 Pp 95-105
Hidayati, Nurul. (2015). Mendongeng, Strategi Pendidikan Karakter dalam Keluarga,
(Online), http://eduku.co/read/23-Mendongeng-Strategi-Pendidikan-Karakterdalam-Keluarga.html, diakses 24 Agustus 2018.
Kemendiknas. (2009). Pengembangan Budaya dan Karakter bangsa. Badan Penelitian dan pengembangan kurikulum.
Lee, Angela. (2014). Implmenting character education program through music and integrated activities in early childhood settings in Taiwan. International journal of music education DOI: 10.1177/0255761414563195, pp.1-12
Lickona, T. (2010). Educating For Charactr How Our School Can Teach, Respect And Responsibility. Yogyakarta: Pustaka Belajar (terjemahan)
___________.(2012). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgement, Integrity And Other Essensial Virtues (Terjemahan Oleh Wamaungo & Zien,J,A,R. Jakarta:Bumi Aksara.
Miles & Hubberman. (1994). Qualitative Data Analysis. Oxpord: SagePublisher
Moezzi., Janda., Rottman. (2017). Using Stories, Narrative, Storytelling in Energy And Climate Change Research. Energy Reseach and Social Science Elsevier http://dx.doi.org/10.1016/j.erss.2017.06.034
Mu’in, Fathul. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Muchlas, S & Hariyanto. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurgiantoro. (2010). Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Dunia Anak Jogjakarta : Gadjah Mada UNiversity Press
Oduwolowu., Oluwakemi. (2014). EffectOf Storytelling On Listening Skills Of Primary One Pupil In Ibadan North Local Goverment Area Of Oyo State, Nigeria. International Journal Of Humanities and Social Science.
Soelistyarini, Titien Diah. (2011). Cerita Anak dan Pembentukan Karakter, (Online),
https://www.academia.edu/7304333/Cerita_Anak_dan_Pembentukan_Karakter,
diakses 30 Agustus 2018.
Wibowo, Agus. (2014). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Bangsa Menuju Indonesia Yang Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Wachidah., Suwigno., Widiati. (2017). Potensi karakter Tokoh Dalam Cerita Rakyat Sebagai Bahan Bacaan Literasi Moral. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan Volume 2 No 7 Juli Tahun 2017 E-ISSN 2503-471X Pp. 894-901
Wright, Et al. (2008). Windows Into Children Thinking: A Guide to Storytelling and Dramatization. Early Childhood Education Journal (2008) vol 35 DOI 10.1007/s10643-007-0189-0 Pp 363-369
Copyright (c) 2018 Dodi Ahmad Haerudin, Nika Cahyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.