Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Telaah Qs. Luqman Ayat 12-19
Abstract
Karakter Agama perlu ditanamkan sejak dini,oleh karena itu peran orangtua sangat berpengaruh dalam perkembangan Agama anak. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B RA.Nurul Istiqomah Persatuan Islam Muncangela, semester II tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, orangtua anak, kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif libralyreaseach. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai karakter yang terdapat dalam surat luqman ayat 12-19 mencakup 3 hal yaitu aqidah, akhlak, syari'ah atau ibadah, untuk mengembangkan nilai karakter agama pada anak usia dini dilakukan dengan pembiasaan-pembiasaan yang di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan teladan dari orang terdekat seperti orang
tuanya, dan memperdengarkan kisah-kisah yang berkaitan dengan keEsaan tuhan, bahwa peran orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter agama anak, jika pendidikan agama dilingkungan keluarga baik maka karakter agama anak juga baik begitu juga sebaliknya.
Downloads
References
Al-maraghi,Mushtafa,Ahmad. (1992). Tafsir Al-maraghi zuz XXI,Semarang: toha puta.
Aminuddin, dkk. (2014). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Asifin, (2001). Jalan Menuju Ma’rifatullah dengan Tahapan (7M), Surabaya: Terbit terang.
Chatib, munif (2016). Orangtuanya Manusia Melejitkan Potensi dan kecerdasan Denngan Menghargai Fitrah Setiap Anak, Bandung:PT Mizan Pustaka.
Depag RI. (1989) Qu’ran terjemah, Jakarta: Yayasan penerjemah Al-Qur’an.
HW.Gandhi, Wangsa Teguh. (2011) filsafat Pendidikan Mazhab-mazhab filsafat Pendidikan, Jogjakarta:AR-RUZZ Media
J.R. Adisusilo, Sutarjo. (2011) Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VTC sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, Syamsul, M.S.I, (2013) Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya secara terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Arruzz Media.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2014) Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluaga Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tafsir Ahmad. (2013) Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mansur. (2005) Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Moeleong, Lexy J. (1988) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Muh. Anis. (2012). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, Yogyakarta: Mentari Pustaka
Muhammad, Sakho Ahsin. (2010). et.all.alquran&tafsirnya,Jakarta: lentera Abadi
Mhasan. (2009) Anak Sholeh Kiat dan Petunjuk Dalam Mendidik Anak Secara Islami, Bandung: CV. Cipta Dea Pustaka.
Nurdin, Muslim dan Ishak Abdullah, (1993) Moral dan Kognisi Islam, Bandung: Alfabeta.
Hamka. Tafsir Al Azhar juzu’XXI, Surabaya: PT. Pustaka Islam Surabaya.
Quthb, Sayyid (2002) Tafsir Fil zhilalil quran terj. As’ad Yasin&Abdul Aziz salim basyarahil dibawah naungan Al quran, Jakarta:Gema insaniprees
Samani, muchlas, Hariyanto, (2011) Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Said Al-Khin, Mustofa, Al-Bugho,. Mustofa, Mistu, Muhyidin, Asy-Syirbaji, Ali, Amin Luthfi, Muhammad, (2012) Syarah dan terjemah Riyadhus Shalihin Imam Nawawi jilid 1, Jakarta: Al-I’tishom.
Shihab, M. Quraish. (2009). Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-quran, Jakarta: Lentera Hati.
---------, (2012) Al-Lubab makna, tujuan, dan pelajaran dari surah-surah Al-Qur’an, Tanggerang: Lentera hati.
---------, (2013) secercah cahaya illahi: hidup bersama al-quran, Jakarta: PT. Mizan Pustaka
Subandi. (2013) Psikologi Agama dan Kesehatan Mental, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugandhi, Nani M. L.N. Yusuf, Syamsu. (2011) perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: ALFABETA.
Sujiono & Yuliani nurani, (2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia dini, Jakarta: PT.Indeks.
Ulwan, Abdullah Nashih. (1990) Pendidikan Anak Menurut Islam Pendidikan Sosial Anak, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Zubaedi. (20110 Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia Group.
Zahrudin AR dan Hasanudin sinaga. (2001) Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Rajawali
Copyright (c) 2017 Eneng Nur Aeni, Nika Cahyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.