Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD terhadap Tanggung Jawab dan Disiplin Pada Anak

  • Nika Cahyati STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk agar dapat melihat keefektifan kurikulum merdeka yang digunakan saat ini untuk perkembangan tanggung jawab dan disiplin pada anak sebagaimana implementasi kurikulum merdeka di terapkan dalam PAUD, karena dasar dari adanya kurikulum merdeka ini adalah untuk membentuk rasa tangung jawab anak dan disiplin anak agar menjadi lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen (Quasi-Experimental Research). Penelitian ini dilaksanakan di sekolah penggerak di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Waktu Penelitian  dilakukan pada semester I yang kurang lebih berlangsung selama 2 bulan Meliputi perencanaan kegiatan penelitian dan penerapan kegiatan penelitian serta pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak yang berada di sekolah penggerak kabupaten Kuningan pada tahun ajaran 2023/2024 yang memiliki karakteristik yang sama. Sampel untuk penelitian ini yaitu dua sekolah kelompok eksperimen dan dua sekolah sebagai kelompok kontrol, hasil penelitian bahwa anak yang menggunakan kurikulum merdeka lebih memiliki tanggung jawab dan disiplin yang tinggi dari pada yang belum, kerena melalui keurikulum merdeka terdapat sebuat pembiasaan dari pelajar profil pancasila, sehingga implementasinya lebih mudah diterapkan pada anak.

Keywords: kurikulum merdeka, tanggung jawab, disiplin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrew, S. W. (2013). Reedom and discipline. Journal Montessori Northwest, 1(2), 1–12.
Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 75. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1033
Dupper, D. R. (2010). A new model of school discipline. Oxford Workshop Series.
Hermanu, D. (2020). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Sejak Dini Protret pendidikan usia dini kita (perspektif seni). Seminar Nasional Seni Dan Desain 2020, 73–78.
Jayawardana, H., Irma Noviyanti, A., Eko Hidayanto, N., & Sugiarti Dwi Gita, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. Jurnal Of Early Childhood and Inclusive Education, 6(1), 8–15.
Kementrian pendidikan dan kebudayaan. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka Galeri Mandiri.
Lickona, T. (2012a). Character matters: persoalan karakter, bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya (Terjemahan). Bumi Aksara.
Lickona, T. (2012b). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab (II). Bumi Aksara.
Martin. (2016). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 243–257. journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/368/357
Mulyadin, M., & Jaedun, A. (2019). Maja Labo Dahu Slogan in Character Education. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.22311
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Suryana, E. (2012). MANAJEMEN KELAS BERKARAKTERISTIK SISWA Oleh: Inovasi Pendidikan.
Published
2023-06-26
Abstract viewed = 886 times
pdf downloaded = 542 times

Most read articles by the same author(s)