Aplikasi Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Anak

  • Nika Cahyati STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak dampak media sosial tiktok terhadap perilaku anak usia 5-8 tahun, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah orang tua dan anak usia 5-8 Tahun di Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian dan verifikasi data untuk memilah data dan menarik kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil dari analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Tik Tok pada anak usia 5-6 tahun ini yaitu anak menggunakan aplikasi Tik Tok dengan cara menonton konten. Konten yang cenderung ditonton yaitu konten mukbang makanan konten make up dan konten kartun. Rata-rata durasi menggunakan aplikasi Tik Tok yaitu selama 2,5 jam per hari. Dampak negatif dari penggunaan aplikasi Tik Tok yaitu anak menjadi malas belajar, suka marah-marah dan ketika disuruh atau dipanggil orang tua anak tidak menyahut, anak menonton yang seharusnya tidak anak lihat. Adapun dampak positif bagi anak yaitu anak dapat mengasah dalam skill edit video, anak dapat belajar membuat video dengan kreativitasnya, anak dapat memanfaatkan aplikasi Tik Tok untuk belajar membuat video yang keren, unik dan membuat konten yang bermanfaat.

Keywords: Media sosial tiktok, Perilaku anak, anak usia 5-8 tahun

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyn, Izza Nabilah, S. (2022). Dampak Media Sosial (TIK-TOK) Terhadap Karakter Sopan Santun.
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Barnawi, & Arifin, M. (2012). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.
Bashiroturrohmah, Z., Martha, S., Cahyani, N., & Risko Faristiana, A. (2023). Pengaruh Media Sosial Tik-Tok Terhadap Karater Siswa Sekolah Dasar. 1(3), 119–131. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i3.251
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.
Crain, W. (2017). Theories of Development, concept and applicattion third edition. Prentice-Hall, Inc.
Dian Andesta Bujuri, Mayang Sari, Tutut Handayani, A. D. S. (2023). Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Analisis Dampak Penggunaan Media Tiktok Terhadap Motivasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, X(2), 112–127. https://doi.org/10.30659/pendas.10.2.112-127
Fredrick Gerhad Sitorus. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIK-TOK TERHADAP PERILAKU ANAK. 112–119.
Haryanti, D., Ashom, K., & Aeni, Q. (2019). Gambaran Perilaku Orang Tua Dalam Stimulasi Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 64. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70
Indartono, S. (2011). the Effect of E-Learning on Character Building: Proposition for Organizational Behavior Course. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1317
Kominfo. (2020). https://diskominfo.kedirikab.go.id/baca/dampak-negatif-gadget-bagi-anakanak.
Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092
Nucci, L. P., & Narvaez, D. (2014). Hanbook Pendidikan Moral dan Karakter (I. M. Zakkie (ed.); satu). Nusa Media.
Sofyan, E., Ridzki Kurniawan Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, F., Pasundan Cimahi, S., Kunci, K., & Anak, P. (n.d.). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU ANAK USIA SEKOLAH. http://mores.stkippasundan.ac.id/index.php
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sultan Ageng Tirtayasa, U., Jalan Ciwaru Raya No, I., & Banten, P. (2022). Penggunaan aplikasi tik tok pada anak usia 5-6 tahun di desa banjarnegara kecamatan pulosari kabupaten pandeglang Widia Pratiwi M.A, Laily Rosidah, Kristiana Maryani. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 138–144.
Wicaksono, L. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jiunal Pendidikan Anak, 274–282. https://core.ac.uk/download/pdf/294953011.pdf
Published
2023-12-25
Abstract viewed = 404 times
PDF downloaded = 427 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>