Peran Orang Tua Terhadap Proses Belajar Moral Anak Usia Dini

  • Dodi Ahmad Haerudin STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan perkembangan moral anak. Pengawasan orang tua dalam proses belajar anak itu sangat penting, menjadi orang tua yang ideal bagi anaknya yaitu dengan cara memberikan komunikasi yang baik kepada anaknya. Komunikasi yang baik seperti memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara, bertanya, dan menghargai pendapat anak. Peneliti menggunakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan korelatif antar variabel. Hubungan korelatif mengacu pada kecenderungan hubungan variabel satu dengan variabel yang lainnya. Hasil dari pembahasan ditemukan bahwa sekolah online dapat membawa kendala dan dampak yang signifikan bagi anak sebagai peserta didik maupun guru sebagai tenaga pengajar dan peran orang tua. Orang tua harus lebih mampu meningkatkan pengawasan dan mendidik anak dengan baik apalagi di masa pandemi agar anak- anak mereka menjadi anak yang berkualitas dan mengharumkan nama Indonesia serta menumbuhkan motivasi dalam belajar.

Keywords: Peran Orangtua, moral anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tsaniya, Zahra Yuthika Wardhani, Hetty, Krisnani. 2020. Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19.

Praherdhiono, Henry. 2020. Implementasi Pembelajaran Di Era Dan Pasca Pandemi Covid-19. Malang: CV. Seribu Bintang.

Chick, and G. Clifton. 2020. “Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic.” Journal of Surgical Education 1(1): 1–4.

Wibowo, Agung. 2020. Belajar Tetap Kreatif Saat Pandemi Covid-19, dikutip dari https://mediaindonesia.com/read/detail/309520-belajar-tetap-kreatifsaat-pandemi-covid-19

Uharwoto, Gogot. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, dikutip dari https://www.timesindonesia.co.id/re

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Zapalska, A, and D Brozik. 2006. Learning Styles and Online Education. Campus-Wide Information Systems 23(5): 325–35.

Pujilestari, Y. 2020. Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Buletin Hukum dan Keadilan 4(1): 49–56.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Media Abadi.

Kusuma, Rindi. 2013. Macam- macam Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ihromi, T. 2004. Bunga rampai sosiologi keluarga. Jakarta : Yayasan Obor. Indonesia.

Nazir. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Santrock, J. W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sukmadinata, N. S. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryanita, N. P., Japa, I. G. N. and Arini, N. W. 2016. Hubungan Antara Prestasi Belajar dan Peranan Orang Tua serta Interaksi Teman Sebaya Mata Pelajaran PKn. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Published
2022-12-16
Abstract viewed = 202 times
pdf downloaded = 190 times