Pengembangan Model Pendidikan Karakter Kinerja
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pendidikan karakter kinerja, untuk mengetahui model pendidikan karakter kinerja yang diterapkan pada sekolah menengah, untuk mengetahui faktor-faktor penghambat terhadap efektivitas model pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah menengah agar mengetahui model hipotetik pendidikan karakter kinerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research development (R&D) dari borg & gall. Subjek penelitian ini adalah siswa dengan karakter yang sama di Kuningan yang ditentukan secara propursive sampling sejumlah 120 siswa. Tahapan pengembangan meliputi penelitian pengumpulan informasi, perencanaan, rancangan model awal, uji coba pendahuluan & revisi model, uji coba model utama & revisi model II, uji coba operasional revisi model III, model pendidikan karakter kinerja yang sudah di kembangkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pendidikan karakter kinerja efektif dalam menguatkan karakter kinerja siswa di sekolah, faktor penghambat pembentukan karakter yaitu kurang ada kesadaran dari siswa, faktor keluarga, masyarakat yang kurang mendukung, perkembangan teknologi yang disalahgunakan, dan model pendidikan karakter terbukti dapat memberikan pengaruh positif dan efektif terhadap peningkatan karakter kinerja siswa.
Downloads
References
Crain, W. (2017). Theories of Development, concept and applicattion third edition. Prentice-Hall, Inc.
Davidson, M., Lickona, T., & Khmelkov, V. (2015). Sekolah Pintar dan Baik: Paradigma Baru Pendidikan Karakter SMA. Dalam Handbook Pendidikan Moral dan Karakter (Penerj. Imam Baehaqie & Derta Sri Widowatie). Judul Asli Handbook of Moral and Character Education (Eds. Larry P. Nucci & Darcia Narvaez). Nusa Media.
Ermayani, T. (2015). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Keterampilan Hidup. Jurnal Pendidikan Karak Te, v(2), 130.
Fatawa, W. (2020). Pengaruh Karakteristik Individu, Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Lubuk Pakam. JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma), 7(1), 15–28. https://doi.org/10.30743/akutansi.v7i1.2717
Haryani, C., Wadin, W., & Sofina, S. (2014). Penerapan metode bermain dengan media playdough dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak usia dini. Universitas Bengkulu.
Henry, J. and Crawford, J. (2005). The Short-Form Version of the Depression Anxiety Stress Scales (DASS-21): Construct Validity and Normative Data in a Large Non-Clinical Sample. British Journal of Clinical Psychology,.
Indartono, S. (2011). the Effect of E-Learning on Character Building: Proposition for Organizational Behavior Course. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1317
Ismira, I., Ahman, A., Supriatna, M., & Jendriadi, J. (2019). Telaah Profil Karakter Kinerja sebagai Upaya Pengembangan Kesuksesan Karir Mahasiswa. Turast : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.15548/turast.v7i1.344
Kpalet, P., & Riniyanti, F. (2019). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH WAIPARE KECAMATAN KANGAE KABUPATEN SIKKA. JUPEKN: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 37–41.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam books.
Lickona, T. (2008). Pendidikan Karakter Panduan Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Nusa Media.
Lickona, T. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab (II). Bumi Aksara.
Malin, H., Liauw, I., & Damon, W. (2017). Purpose and Character Development in Early Adolescence. Journal of Youth and Adolescence, 46(6), 1200–1215. https://doi.org/10.1007/s10964-017-0642-3
Martawijaya, M. A., Sujiono, E. H., & Haris, A. (2019). Model Hipotetik Kegiatan Laboratorium Fisika Untuk Menguatkan Keingintahuan Mahasiswa. Seminar Nasional LP2M UNM, 333–336.
Muchlas, S., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model : Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Murtafi’ah, W., & Masfingatin, T. (2015). Proses Berpikir Mahasiswa dengan Kemampuan Spatial Intellegent Tinggi dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 133–148.
Nirra Fatmah. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan, 29, 369–387.
Nucci, L. P. (2015). Handbook of moral and character education. In Choice Reviews Online (Vol. 52, Issue 05). https://doi.org/10.5860/choice.185758
Nugroho, A., Wahyudi, A. B., Sunanda, A., Sabardila, A., & Faizah, N. (2020). Character Education for Teenagers Through Motivating Sentences (Character Themes/Values Found in Teenagers’ Motivation Sentences/Writing). 461(Icllae 2019), 2009–2013. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200804.011
Nurhidayati, T., Purwanto, H., Atmojo, L. K., & Nasyikin, M. (2021). Karakteristik Jiwa Remaja Dan Penerapannya Menurut Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 09(02), 5–24.
Nurmalasari, N. (2021). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Keislaman, 1(2), 186–201. https://doi.org/10.54298/jk.v1i2.3364
Rosidah, R., Sasmita, N., Wisataone, V., & Hanafi, M. (2022). Character development strategies through the soft skills training to students for job readiness. Journal of Social Studies (JSS), 18(2), 207–216. https://doi.org/10.21831/jss.v18i2.53164
Santrock, J. W. (2011). Life Span Development (13th ed.). The McGraw-Hill Companies.
Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran Pendidikan Karakter Di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 176. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369
Supriyono, S. (2022). DEVELOPMENT IN EDUCATION : Model Borg & Gall Semester Genap 2022. Universitas Islam Balitar, May. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10113.94566
Sutrisno. (2022). Application of Character Values for Teenage Proletarians at the North Jakarta Kemah Kasih Foundation. 2(2), 125–143.
Tannebaum, R. P. (2018). Teaching about religion within early childhood and elementary social studies: Exploring how preservice teachers perceive their rights and responsibilities as educators. Journal of Social Studies Education Research, 9(4), 30–48. https://doi.org/10.17499/jsser.63838
Widiastuti, Y. K. W., Rasmani, U. E. E., & Wahyuningsih, S. (2020). Mengkaji Penerapan E-Learning pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1240–1247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752
Yefington Potto, D. S. (2021). Pattern of student character development at 15 palu contry smp. 9(2), 111–123.
Copyright (c) 2023 Dodi Ahmad Haerudin, Cece Rahmat, Encep Syarif Nurdin, Abdul Somad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.