Penerapan Penanaman Moral Dan Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Usia Dini
Abstract
Pengembangan kebudayaan religius, membentuk lingkungan yang religius, meciptakan suatu keadaan yang terkesan religius. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencaan penanaman moral dan agama untuk membantu karakter religius anak usia dini di RA Yashuda 3 Kawahmanuk, untuk mendeskripsikan karakter religius anak usia dini, untuk mendeskripsikan faktor penghambat dalam penerapan penanaman moral dan agama untuk membentuk karater religius anak usia dini di RA Yashuda 3 Karangmanuk. Metode yang digunakan menggunakan metode deskriptif kualitatif jensi fenomenolog dengan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian di RA Yashuda 3 Karangmanuk. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu, perangkat perencanaan pembelajaran di RA Yashuda 3 Karangmanuk terdiri dari program tahunan, semester, mingguan, harian dan penelitian. Karakter religius di RA Yashuda 3 Karangmanuk menggunakan metode pembiasaan yang diarahkan oleh wali kelas atau guru. Dengan pembiasaan itu anak mengetahui cara menghormati yang lebih tua, teman dan juga membiasakan 5S. Faktor yang menjadi penghambat penerapan penanaman moral agama di RA Yashuda 3 Karangmanuk yaitu, kurangnya pemahaman guru dalam menyuasai pendidikan modal dan agama, kurangnya dukungan dari orang tua dan waktu pembelajaran yang terbatas serta metode pembelajaran yang kurang menarik dan tidak relevan bagi anak-anak.
Downloads
References
Amin, M. M. (2011). Pendidikan karakter anak bangsa. Baduose Media.
Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31.
Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & ekonomi: Format-format kuantitatif dan Kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran.
Charles, G. (2000). Psychology for Learning and Teaching. McGraw-Hill Book Company, New York.
Khaironi, M. (2017a). Penanaman sikap beragama dan moral anak usia dini di TKIT Salman Al Farisi 2. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 166–179.
Khaironi, M. (2017b). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82–89.
Khaironi, M. (2017c). Pendidikan moral pada anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1–15.
Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Prena2damedia Group, 30.
Kurnia, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Nilai-nilai Agama dan Moral di TK. Bandung: PPPPTK TK Dan PLB.
Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter, Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Lickona, T. (1992). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.
Mayasarokh, M., & Rohman, A. (2019). Implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di kelompok bermain Rabbani. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 167–185.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyani, Novi. 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Nisa, H. (2022). Membentuk Karakter Religius Anak Melalui Kegiatan Keagamaan. ICEJ: Islamic Childhood Education Journal, 1(2), 1–5.
Novriyansah, A., Kurniah, N., Suprapti, A., & others. (2017). Studi tentang perkembangan karakter jujur pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 14–22.
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.
Sakwin, D. L., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 77–85.
Sari, A. M., Hidayah, O. N., Khotimah, S., Prayitno, H. J., Kholisatul‘Ulya, N., & Nugroho, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 36–48.
Sodikin, R. A. (2003). Konsep agama dan islam. Al Qalam, 20(97), 1–20.
Copyright (c) 2024 Ela Nurela, Mira Mayasarokh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.