Pengaruh Komunikasi Verbal Terhadap Perkembangan Bahasa Anak

  • Nia Rusmiati KB Al-Furqon Salareuma
  • Mira Mayasarokh SKTIP Muhammadiyah kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan komunikasi verbal anak di Kelompok Bermain Al-Furqon desa Salareuma, untuk mengetahui perkembangan bahasa anak di Kelompok Bermain Al-Furqon desa Salareuma, untuk mengetahui pengaruh komunikasi verbal terhadap perkembangan bahasa anak di Kelompok Bermain Al-Furqon desa Salareuma. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftip kuantitatif.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa komunikasi verbal dalam kriteria  berkembang sangat baik sebesar 60%.  Perkembangan bahasa dalam kriteria berkembang sesuai harapan sebesar 46,7%. Terdapat pengaruh positif antara komunikasi verbal terhadap perkembangan bahasa anak sebesar 58,6%.

Keywords: Komunikasi Verbal, perkembangan bahasa anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurbiana, dkk. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan

Universitas Terbuka.

Dewi, puspa, maya, kadek. Dkk. (2018). Jurnal pendidikan anak usia dini. Vol 6, no 1 “Pengaruh sosidrama terhadap kemampuan komunikasi verbal anak paud dharma wangsa denpasar barat”.

Jannah, Nur, Ita. (2017) Skripsi, Peningkatan Kemampuan Komunikasi LisanMelalui Teknik Sosiodrama.

Kristiono. Natal, Mutmainah, (2018). jurnal penjaminan mutu. vol 4 no 2. “Pemanfaatan Media Wayang Kertas untuk Meningkatkan Mutu Perkembangan Karakter Bahasa Anak Dalam Berkomunikasi”.

Mahmud, Teuku. (2018) Volume 6, Nomor 2.”Jurnal Metamorfosa.”Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di Tanam kanak-kanak Aisyiyah Merduati Banda Aceh”.

Nurhasanah, (2017) Skripsi, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bercerita Di Ra Al- IhsanBanten No.02 Laut Dendang.

Published
2019-12-26
Abstract viewed = 31 times
pdf downloaded = 14 times