Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini

  • Darmayanti Universitas Islam Al Ihya Kuningan
  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Lena Ahdiani Hayati Universitas Islam Al Ihya Kuningan

Abstract

Tujuan penelitian  ini untuk menemukan efektifitas kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di PAUD MIFDA Desa Garajati. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Exsperimental dengan desain Pretest-Posttest, Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data melalui angket dengan menggunakan analisis product moment. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif , yaitu analisis untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperarif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1). Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif memperoleh nilai 82,43%, 2). Nilai kemampuan mengenal bentuk geometri memperoleh nilai 90,21%, 3). Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini 5-6 tahun di PAUD  MIFDA karena t-hitung > t-tabel yaitu 6,054 > 2,086 pada taraf 5%. Adapun arah korelasinya 0,00044123 jauh lebih kecil dari 0,05 artinya pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini di PAUD MIFDA pengaruhnya sangat kuat. Pengaruh tersebut sebesar 50,5% dan sisanya tidak penulis teliti.

Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Geometri, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paktik.

Asmani. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning.

Busohwi. (2021). Implementasi Cooperative Learning Dalam Metode Pendidikan Islam.

Direktorat PAUD. (2022). Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah.

Essa. (2014). Introduction to Earlychildhood Education.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning.

Kaif, S. H. dkk. (2022). Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran Yang Dapat Diterapkan Guru).

Khadijah & Amelia, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Octavia, S. . (2020). Model-Model Pembelajaran.

Safira, A.J & Ifadah, A. . (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini.

Sugiyono. (2017). Stattistika Untuk Penelitian.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Warmansyah. (2019). No Title. Ta’dib, 2, 105.

Yuliani. (2014). Metode Pengembangan Kognitif.

Yuswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Published
2022-06-29
Abstract viewed = 65 times
pdf downloaded = 22 times