Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain RABBANI

  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Arif Rohman Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di Kelompok Bermain Rabbani yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) proses pembelajaran; (3) evaluasi; dan (4) kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologis. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Bermain Rabbani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran pendidikan karakter dituangkan dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dikembangkan dari Kurikulum PAUD 2013 oleh penyelenggara, kepala, dan guru dengan perangkat perencanaan pembelajaran yang terdiri dari program tahunan, program semester, RPPM, RPPH, dan penilaian; (2) proses pembelajaran pendidikan karakter dilakukan secara terintegrasi dengan pengembangan aspek-aspek yang lain melalui pendekatan, metode, dan kegiatan pembelajaran; (3) evaluasi ketercapaian pendidikan karakter dilakukan melalui penilaian harian, bulanan, dan semester berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan setiap hari untuk dilaporkan kepada orang tua setiap semester dalam bentuk laporan perkembangan anak; (4) kendala yang dihadapi dalam mengiplementasikan pendidikan karakter tersebut berasal dari faktor oraang tua, lingkungan, dan lembaga.

Keywords: implementasi, pendidikan karakter, anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010).Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Berkowitz, M.W & Hoppe, M.A. Character education and gifted children. High Ability Studies, 20(2), 131-142
Brannon, D. (2008). Character Education-A Joint Responsibility. (Cover story). Education Digest, 73(8), 56-60
Davit Setyawan. (2014). Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter. Diambil pada tanggal 20 Oktober 2016, dari http://www.kpai.go.id/berita/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan karakter
Essa, Eva.L. (2014). Introduction to early childhood education. United States of America: Wadsworth Cengage Learning
Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan anak jilid 1. (Terjemahan Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih). McGraw-Hill,Inc: New York. ( Buku asli diterbitkan tahun 1942)
Ilahi, M.T. (2014). Gagalnya pendidikan karakter: Analisis & solusi pengendalian karakter emas anak didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Kementrian Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Pedoman penilaian hasil pembelajaran. Jakarta: Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat
Koesoema, D. (2004).Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo
Ki Hadjar Dewantara. (1977). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa
Lickona, Thomas. (2012). Pendidikan Karakter. (Terjemahan Saut Pasaribu). New York: Touchstone. (Buku asli diterbitkan tahun 2004)
Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. (Terjemahan Lita S). Bandung: Nusa Media. (Buku asli diterbitkan tahun 2008)
Lickona, Thomas. (2015). Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara. (Buku asli diterbitkan tahun 1991)
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara
Rawana, J. R. E., Franks, J. L., Brownlee, K., Rawana, E. P., & Neckoway, R. (2011). The application of a strength-based approach of students' behaviours to the development of a character education curriculum for elementary and secondary schools. The Journal of Educational Thought, 45(2), 127-144
Sanjaya, W. (2013). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Tridhonanto, A. (2014). Menjadikan anak berkarakter. Mempersiapkan anak agar berhasil menghadapi segala macam tantangan hidup. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Trianto. (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini, TK/RA & anak usia kelas awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Winton,Sue. (2010). Character Education: Implication for critical democracy. International Critical Childhood
Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana
Published
2019-06-28
Abstract viewed = 1943 times
PDF downloaded = 1129 times