Pengaruh Pembiasaan Disiplin Di Lingkungan Keluarga Terhadap Karakter Anak
Abstract
Penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh pembiasaan disiplin di lingkungan keluarga terhadap karakter anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian dilakukan di Kelompok Bermain Rabbani Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan dengan sampel anak didik Kelompok Bermain Rabbani yang bejumlah 25 orang anak. Data dikumpulkan dengan teknik parametrik deskriptif, sedangkan instrumennya menggunakan angket. Pengukuran data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara karakter anak antara yang menerapkan disiplin dengan yang tidak menerapkan disiplin. Hal ini berdasarkan hasil pengujian dengan uji paired T test diperoleh nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan karakter anak yang mendapatkan pembiasaan disiplin dengan anak yang tidak mendapatkan pembiasaan disiplin. Hal ini berarti pembiasaan disiplin dapat mempengaruhi karakter anak
Downloads
References
Aqib, Zainal. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kumpulan Undang-Undang, Jakarta: Depdikbud, 2005
Drost, J.I.G.M et all. (2002). Perilaku Anak Usia Dini, Yogyakarta: Kanisius,
Koesoema, Dony. (.2004) Pendidikan Karakter, Jakarta: Grasindo
Michele Borba. (2008). Building Moral Intelligence, The Seven Essential Virtues that Teach Kids to Do The Right; Terjemahan Membagun Kecerdasan Moral, Tujuh Kebajikan Utama untuk Membentuk Anak Bermoral Tinggi, oleh Lina Yusuf, Jakarta: Gramedia Pustaka Umum
Mulyasa, E, Manajemen Paud, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012
Mulyasa, E, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Severe, Sal. (2002). Bagaimana Bersikap Pada Anak Agar Anak Bersikap Baik, Jakarta: Gramedia
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Remaja Rosdakarya
Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo
Yus, Anita. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana
Zubaedi. (2014). Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana
Copyright (c) 2018 Mira Mayasarokh, Ajeng Rahayu Tresna Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.