Analisis Kegiatan Outbond TK dan SD di Kuningan

  • Agatha Kristi Pramudika Sari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan outbond TK dan SD yang sering dilaksanakan di Kabupaten Kuningan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi yang merupakan bagian dari metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan kepala TK dan SD di Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outbond yang dilaksanakan beberapa TK dan SD di Kabupaten Kuningan dirasa belum bisa mengembangkan potensi anak. Hal tersebut disebabkan karena beberapa faktor diantaranya: 1) Terbatasnya fasilitas outbond di area Kuningan dan sekitarnya yang children friendly, 2) Tingginya biaya yang dikeluarkan sekolah apabila ingin melakukan kegiatan outbond yang representatif. Berdasarkan hasil temuan penelitian, munculnya harapan dari sekolah-sekolah agar pengembangan fasilitas outbond yang children friendly dengan biaya terjangkau menjadi prioritas yang harus segera direalisasikan agar kegiatan dapat berjalan sesuai tujuan dari kegiatan outbond tersebut.

Keywords: Analisis, Outbond, TK, SD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Tata Ruang. (2010). “Mendambakan Kota Layak Anak”, http://www.bulletin.penataanruang.net/. Diunduh pada tanggal 20 November 2018

Muksin. (2009). Outbound For Kids, Jogjakarta: Cosmic Books.

Ancok, D. (2002). Outbound management training: Aplikasi ilmu perilaku dalam pengembangan sumber daya manusia. ULL Press.

Susanto, A. (2008). Merancang Outbound Training Professional. Yogyakarta. Andi Offset.

Thalia, S. (2018). Pengaruh Permainan Outbound Terhadap kecerdasan Kinestetik Anak Pada Kelompok B Di Bandar Klippa. RAUDHAH, 6(2).

Fauzan, F., & Al Millah, A. A. (2018). Hubungan Antara Metode Outbound Training dengan Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Kelas V di SD Sekolah Alam Bintaro. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 53-68.

Sastrohadiwiryo, B. S. (2002). Manajemen tenaga kerja indonesia: pendekatan administratif dan operasional. Bumi aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanta, A. (2010). Outbound Profesional. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Muhammad, A. A. (2009). The power of outbound training. Yogyakarta: Power Books (IHDINA).

Muchlisin, B. (2009). Fun Outbound: Merancang Kegiatan Outbound yang Efektif. Yogyakarta: Diva Press.

Published
2021-12-23
Abstract viewed = 131 times
pdf downloaded = 92 times