Penerapan Pembelajaran Seni Tari Terhadap Kecerdasan Kinestetik

  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Darmayanti Universitas Islam Al Ihya Kuningan
  • Lena Ahdiani Hayati Universitas Islam Al Ihya Kuningan

Abstract

Masa anak usia dini merupakan masa keemasan atau sering disebut masa Golden Age, biasanya ditandai oleh perubahan cepat dalam perkembangan fisik, kognitif, sosial dan emosional. Agar masa ini dapat dilalui dengan baik oleh setiap anak maka perlu diupayakan pendidikan yang tepat bagi anak sejak usia dini. Salah satu potensi paling mendasar yang dimiliki anak sejak dini adalah kecerdasan kinestetik. Kecerdasan kinestetik anak akan berkembang saling berinteraksi, salah satu cara untuk mengembangkannya adalah dengan pembelajaran seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran seni tari terhadap kecerdasan kinestetik anak usia dini di KB Rabbani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata observasi awal (pretest) adalah 10,55 dan rata-rata observasi akhir (posttest) adalah 18, 90. Dalam hasil uji univariat , diperoleh nilai sign 0,001. Nilai sign (2-tailed) sebesar 0.001 < 0.05 maka artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukannya perlakuan.

Keywords: Pembelajaran Seni Tari, Kecerdasan Kinestetik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri, 7(2), 85. https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92
Sutini, A. (2011). Dosen PGPAUD UPI Kampus Cibiru.
G., & Dewi, W. R. (2019). Pelaksanaan Tari Kreasi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Di Paud Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri ( Iain ).

Aris Setiawan. 2014. Strategi Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi, Volume 1 Nomor 1. Surabaya: Dosen Program Studi Pendidikan Guru PAUD - FKIPUniversitas Muhammadiyah Surabaya.
Daryanto, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap.(Surabaya : Apollo, 2006), Hlm.141
Ervin Nuriana, Setyo Yanuartuti. 2020. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini Melalui Creative Dance di RA Perwanida Ringinanom Blitar. Jurnal Pelita PAUD. Universitas Negeri Surabaya.
Intan Astriani Dewi. 2017. Pembelajaran Seni Tari Bagi Anak Usia Dini. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.
Novi Mulyani, M.Pd.I. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Purwa Atmaja Prawira, Psikologi Pendidikan Dalam Perpektif Baru. (Yogyakarta :Aruz-Ruzz Media, 2012), hal 139-140
Putri, P. A., & Ismet, S. (2020). Efektivitas Permainan Perkusi Kastanyet Terhadap Kecerdasan Musikal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), Hal 463-468.
Putri Utami, Tuti Rahayu, Iskandar Muda. 2018. Penerapan Metode Musical Feeling Dalam Belajar Tari Zapin Melayu Di Sanggar Tari Tamora 88.Jurnal Seni Tari: Prodi Pendidikan Tari/ Fakultas Bahasa dan Seni/ Universitas Negeri Medan
Rachmi, Teti. 2004. Materi dan Pembelajaran Kertakes. Jakarta: Universitas Terbuka.
Restu Arti Setia. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Krisis Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Kearsipan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2023-06-30
Abstract viewed = 202 times
PDF downloaded = 114 times