ANALISIS TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI ASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Materi yang dianggap sulit oleh siswa kelas VII yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika Semester Gasal di SMP Daarut Tauhiid Bandung, 2) Karakteristik kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas VII di SMP Daarut Tauhiid Bandung, 3) Faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas VII di SMP Daarut Tauhiid Bandung, 4) Upaya guru dalam menangani kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas VII di SMP Daarut Tauhiid Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang mengalami kesulitan belajar matematika, guru kelas VII dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Materi yang dianggap sulit oleh siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika yaitu: bentuk dan operasi bilangan pecahan, bentuk dan operasi aljabar, persamaan dan pertidaksamaan variabel, perbandingan dan skala 2) Karakteristiknya yaitu adanya gangguan persepsi visual (meliputi memori, urutan, dan abstraksi) dan kesulitan dalam bahasa dan membaca, 3) Faktor yang mempengaruhi siswa antara lain minat dan motivasi belajar matematika yang rendah, keluarga yang belum mendukung secara optimal, dan kurangnya media pembelajaran matematika yang dipakai oleh guru, 4) Upaya yang dilakukan guru antara lain memberikan bimbingan belajar secara berkelompok pada jam tambahan, meminta siswa yang pandai untuk membantu guru mengajari siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, melaksanakan tes remidi, dan memberikan tambahan tugas untuk untuk dikerjakan di rumah.
Downloads
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.