PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI MODEL ALBERTA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR

  • Ricki Yuliardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan representasi
matematis siswa yang belajar menggunakan Metode Inkuiri Model Alberta lebih baik
daripada siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran matematika biasa
dan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan representasi matematis
siswa yang belajar menggunakan Metode Inkuiri Model Alberta lebih baik daripada
siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran matematika biasa. Metode
penelitian yang dipilih adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok
kontrol non-ekuivalen (non equivalent control group design). Pada desain eksperimen
ini terdapat dua kelompok sampel, adanya pretest, perlakuan yang berbeda dan
adanya posttest. Sampel pada kelompok pertama merupakan kelas eksperimen yang
menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Sementara itu kelompok kedua
sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pembelajaran
biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis
siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Alberta lebih baik daripada
siswa yang menggunakan pembelajaran biasa dan peningkatan kemampuan
representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Alberta
lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

Keywords: Inkuiri Model Alberta, kemampuan representasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-05-01
How to Cite
Yuliardi, R. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI MODEL ALBERTA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(1), Vol. 1 No.1 Mei 2015. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/121
Abstract viewed = 123 times

Most read articles by the same author(s)

> >>