http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/issue/feed JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 2020-12-07T07:43:22+00:00 Uba Umbara uba.bara1985@upmk.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">JUMLAHKU: the scientific mathematics journal STKIP Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics Education in Muhammadiyah Kuningan, while this has only been indexed by Google Scholar and iOS National Library. the status of the journal is in the process of accreditation and has an issue of 2443-3500 issued by LIPPI. JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and November.</p> http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1147 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Pendekatan Saintifik TPACK 2020-12-07T07:43:22+00:00 Unay Nurmansyah uneynur@gmail.com Setiana nsetiana708@gmail.com <p>Penerapan pembelajaran yang berbasis saintifik dan mampu menumbuhkan komunikasi, kolaborasi dan inovatif dalam membangun pola pikir yang kritis, sangatlah dibutuhkan pada masa sekarang ini. Di SMK PGRI Ciawigebnag kelas XI TKRO 4,&nbsp; memiliki kendala bagaiamana pengelolaan proses belajar mengajar yang efektif yang mampu meningkatkan&nbsp; hasil belajar peserta didik di kelas tersebut. Sehingga dibutuhkan sebuah pendekatan pembelajaran yang berbasis saintifik HOTS dengan mengutamakan kolaboratif, komunikatif serta proses belajar mengajar yang menggunakan <strong>TPACK</strong>&nbsp;(<em>Technological, Pedagogical, Content Knowledge</em>) adalah sebuah <em>framework</em> (kerangka kerja) dalam mendesain model&nbsp;pembelajaran&nbsp;baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi dan konten/materi pengetahuan (ontologis). Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak dari suatu interaksi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam pemecahan permasalahan ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptf. Hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik TPACK&nbsp; berbantu metode kooperatif tipe STAD dan model PBL dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI TKRO 4 SMK PGRI Ciawigebang pada materi konsep Barisan dan deret Aritmetika dalam pemecahan masalah kontektual; 2) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik TPACK&nbsp; berbantu metode kooperatif tipe STAD dan model PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI TKRO 4 SMK PGRI Ciawigebang pada materi konsep Barisan dan deret Aritmetika dalam pemecahan masalah kontektual; dan 3) Sikap siswa kelas XI TKRO 4 SMK PGRI Ciawigebang terhadap pembelajaran matematika setelah memperoleh pembelajaran melalui pendekatan Saintifik TPACK&nbsp; berbantu metode kooperatif tipe STAD dan model PBL pada materi konsep Barisan dan deret Aritmetika dalam pemecahan masalah kontektual sangat&nbsp; positif.</p> <p>&nbsp;</p> 2020-12-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1141 Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Taruna Teknika Akademi Maritim Cirebon 2020-12-04T14:39:55+00:00 Handayani Eka Putri Puput handayaniekaputri1990@gmail.com Yosi Adiputra yosiadiputra@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan pemahaman matematis taruna Akademi Maritim Cirebon. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Nonequivalent</em> <em>Postest&nbsp; Control Group Design. </em>Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh taruna tingkat I Akademi Maritim Cirebon Tahun Akademik 2020/2021. Sedangkan sampel penelitiannya adalah taruna Teknika tingkat I Akademi Maritim Cirebon sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapatkan perlakuan perkuliahan dengan menggunakan strategi Konflik Kognitif. Kelas kontrol adalah kelas yang mendapatkan perlakuan perkuliahan matematika konvensional.&nbsp; Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji nonparametrik <em>Mann Whitney.</em> Kesimpulan dari penelitian ini adalah Rata-rata kemampuan pemahaman matematis taruna yang menggunakan strategi konflik kognitif lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemahaman matematis taruna yang menggunakan metode konvensional.</p> <h4>&nbsp;</h4> 2020-12-04T14:39:55+00:00 Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1118 Mathematics in the Subject of Vegetable Processing Production 2020-12-04T14:00:57+00:00 Ai Tusi fatimah tusi.fatimah@gmail.com Sri Solihah srisolihah1@gmail.com <p><em>Mathematics studied in SMK should have relevance with student competencies to support vocational school education goals. This study aims to explore the role of mathematics in the Vegetable Processing Production Subject. This subject is studied by students of the Agricultural Product Processing Agribusiness Competency Vocational School. This research uses a qualitative approach. The role of mathematics in the production of vegetable processing is explored from the perspective of productive teachers and documents. The analysis to explore the role of mathematics and its relevance to mathematics content and mathematics learning. The results show that the role of mathematics is to calculate and measure the various needs for tools, materials, and business planning analysis for the production of vegetable processing. The role of mathematics has relevance to the mathematical content of numbers and measurements. The integration of vegetable product processing production contexts can be done to construct a mathematical concept or present a mathematical task situation as an effort to develop mathematical understanding by student expertise.</em></p> 2020-12-04T13:58:48+00:00 Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1018 Pembelajaran dengan Model Eliciting Activities (Meas) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran 2020-12-04T14:10:38+00:00 Lessa Roesdiana Lessa.Roesdiana@yahoo.com Nita Hidayati Lessa.Roesdiana@yahoo.com <p>Tujuan penelitian ini adalah menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran <em>Model Eliciting Activities</em> (MEAs) dengan yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan desain penelitian <em>pretest-posttest control group design</em>engan populasi penelitiannya yaitu kelas eksperimen IVD terdiri 37 orang dan kelas kontrol IVE terdiri 38 orang. Instrumen tes mencakup tes kemampuan penalaran matematik dengan indikator dan variabel yang diukur adalah tingkat kemampuan penalaran matematis yang meliputi nilai pretest, posttest dan n gain. Data diolah menggunkan <em>Software SPSS versi 22 for Windows</em>, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematik mahasiswa yang memperoleh pembelajaran MEAs lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran Ekspositori.Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran MEAs dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya mata kuliah Matematika Ekonomi.</p> 2020-12-04T01:57:39+00:00 Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan