http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/issue/feed JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 2023-06-02T13:42:16+00:00 Ricki Yuliardi rickisyahidan27@upmk.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">JUMLAHKU: the scientific mathematics journal STKIP Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics Education in Muhammadiyah Kuningan, while this has only been indexed by Google Scholar and iOS National Library. JUMLAHKU has received the title of Sinta 4 accreditation in 2020. JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015-2022 with issue volume 1 - volume 8 2022. The period of publication of this journal is every May and November.</p> http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/2650 EKPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MAKANAN TRADISIONAL MASYARAKAT MAJALENGKA 2023-05-31T01:33:39+00:00 Herayanti herayanti@upi.edu Suhendra Suhendra@upi.edu Dadang Juandi dadang.juandi@upi.edu <p style="text-align: justify;">Etnomatematika merupakan salah satu strategi pembelajaran yang mengaitkan unsur budaya dalam pembelajaran matematika. DI Indonesia beraneka ragam kebudayaan salah satunya yaitu dari makanan tradisional. Makanan tradisional merupakan budaya dimana di dalamnya terdapat unsur matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi aspek-aspek etnomatematika pada makanan tradisional masyarakat Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan desain etnografi. Subjek dalam penelitian ini yaitu tokoh pembuat makanan tradisional di Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat aspek-aspek etnomatematika pada makanan tradisional. Pada aktivitas matematis diantaranya aktivitas <em>counting</em> (menghitung) meliputi alat dan bahan baku yang diperlukan untuk membuat<em> opak,</em> menentukan harga bahan baku, menentukan harga jual dan estimasi waktu yang diperlukan; <em>measuring</em> (mengukur) meliputi luas lahan yang diperlukan dalam pembuatan <em>opak</em>; <em>designing</em> (mendesain) meliputi mengetahui macam-macam bentuk pada <em>opak</em>, merancang macam-macam bentuk pada pembuatan <em>opak </em>dan cetakan yang digunakan pada pembuatan <em>opak</em>; <em>playing</em> (bermain) meliputi menentukan gerak tangan; dan <em>explaining</em> (menjelaskan) meliputi makna/filosofi dari pembutan <em>opak</em>. Pada produk yaitu <em>opak</em> terdapat unsur matematis secara geometris ditemukan bangun datar yaitu lingkaran.</p> 2023-05-31T00:08:00+00:00 Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/2890 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN VBA POWERPOINT DALAM MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA 2023-06-02T13:42:16+00:00 Chandra Novtiar chandramathitb07@gmail.com Nirwanty Angela Al Ghani nirwanty933@smp.belajar.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbantuan teknologi yakni dengan VBA <em>PowerPoint</em>, agar terciptanya bahan ajar yang efektif, praktis, layak digunakan dan tidak membosankan dengan pendekatan kontekstual, untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilakukan di dua sekolah yang ada di Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan subjek dari penelitian ini diambil dari 2 tingkat yang berbeda yakni untuk uji terbatas terdiri dari 14 siswa dari kelas 8-A, uji luas terdiri dari 25 siswa dari kelas 8-B di SMPN 16 Cimahi dan uji produk di kelas 7-I SMPN 4 Cimahi. Dalam penelitian ini, digunakan instrumen berupa lembar wawancara pada studi pendahuluan, skala pendapat siswa terhadap bahan ajar, lembar validasi ahli, lima butir instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah segiempat dan segitiga. Data postes kemampuan pemecahan masalah matematis dianalisis menggunakan perhitungan Ms. Excel. Penelitian menunjukkan bahwa: (1) 70,6% siswa pada uji coba terbatas memperlihatkan bahwa bahan ajar yang akan digunakan praktis dan masih ada revisi, serta diperoleh persentase 82,6% dari validator ahli yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang akan digunakan sangat valid tetapi masih tergolong rendah dan proses revisi masih diperlukan. Pada uji coba luas 80,22% siswa menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan termasuk ke dalam kriteria sangat praktis dan 87,3% dari validator menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan sangat praktis dan menunjukkan peningkatan pada uji coba terbatas; (2) skenario dan implementasi berjalan sesuai RPP yang telah disusun; (3) kesulitan yang dialami siswa pada saat menjawab soal pemecahan masalah matematis ialah pada mengubah soal cerita dalam bentuk gambar dan menyusun langkah-langkah penyelesaian dengan baik dan benar; (4) pada tahap uji coba produk pengembangan bahan ajar menggunakan VBA <em>PowerPoint </em>cukup efektif untuk melatih pemecahan masalah matematis setiap siswa.</p> 2023-05-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/2840 ASOSIASI KEMAMPUAN KONEKSI DAN KEMAMPUAM KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT 2023-05-31T00:12:24+00:00 Evan Farhan Wahyu Puadi evanfarhanwahyupuadi@upmk.ac.id Uba Umbara uba_bara@upmk.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya asosiasi kemampuan koneksi dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kedua kemampuan tersebut memiliki hubungan yang menarik dalam penyelesaian masalah matematis di sekolah. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis ICT, data dikumpulkan melalui instrument tes. Populasi adalah seluruh siswa MTsN 3 Kuningan Kelas VII, dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 80 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One – Group Pretest-Posttest Design. Pengolahan data menggunakan SPSS yang menghasilkan nilai Asymptotic Significance (2-sided) = 0,000. Karena harga Sig. lebih kecil dari α = 0,05 , maka hipotesis nol ditolak yang artinya terdapat asosiasi yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemampuan literasi matematis siswa. Kesimpulan akhir yang diperoleh dari penelitian ini Berdasarkan kriteria penggolongan koefisien kontingensi diketahui bahwa asosiasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemampuan koneksi matematis siswa tergolong tinggi.</p> 2023-05-30T12:19:36+00:00 Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/2800 PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA 2023-05-30T12:07:29+00:00 Ita Yusritawati Ita@upmk.ac.id Kiki Zakiyah kizak@upmk.ac.id Reza Muhamad Zaenal Rezamz@upmk.ac.id <p style="text-align: justify;">matematika dan <em>self efficacy</em> siswa Madrasah Tsanawiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>mixed method strategi embedded konkuren</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kadugede dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol serta siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian sebanyak 6 soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala <em>Self Efficacy </em>dijabarkan dan dieksplorasi dari 4 domain yakni: (1) domain motivasi, (2) domain kognisi, (3) domain perilaku, dan (4) domain emosi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika dan <em>self efficacy</em> antara siswa yang memperoleh model pembelajaran <em>Problem Based Learning (PBL) da</em>n model pembelajaran konvensional, &nbsp;kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran <em>Pro</em><em>blem Based Learning (PBL)</em> lebih baik daripada pembelajaran konvensional, kemampuan <em>Self Efficacy </em>siswa yang memperoleh model pembelajaran <em>Pro</em><em>blem Based Learning (PBL)</em> lebih baik daripada pembelajaran konvensional, terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan <em>Self Efficacy </em>siswa dengan nilai korelasinya 0,503 yang berkategori sedang.&nbsp;</p> 2023-05-30T06:01:09+00:00 Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan