http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/issue/feed JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 2020-07-13T09:49:44+00:00 Uba Umbara uba.bara1985@upmk.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">JUMLAHKU: the scientific mathematics journal STKIP Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics Education in Muhammadiyah Kuningan, while this has only been indexed by Google Scholar and iOS National Library. the status of the journal is in the process of accreditation and has an issue of 2443-3500 issued by LIPPI. JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and November.</p> http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/952 Peranan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika di Sekolah Dasar 2020-07-13T09:49:44+00:00 Gita Anggraini 2225170118@untirta.ac.id Heni Pujiastuti henipujiastuti@untirta.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan matematika dalam permainan tradisional engklek , Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi, dimana peneliti hanya melakukan pengamatan melalui dokumentasi, wawancara dan studi literatur yang berkaitan dengan permainan tradisional kelereng jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak usia Sekolah Dasar di desa Umbul Kabupaten Serang. Hasil penelitian menunjukan bahwa&nbsp;&nbsp; adanya unsur matematika yang terkandung dalam permainan tradisional engklek. Permainan tradisional engklek &nbsp;mengajarkan nilai-nilai sosial, seperti kejujuran, kesabaran, kerjasama, saling menghargai, kedisiplin, ketelitian bahkan dapat melatih kemampuan motorik seperti menjaga keseimbangan tubuh, lebih aktif, dan menggunakan feeling dalam bermain, &nbsp;selain itu&nbsp; anak mulai memahami adanya kaitan matematika dalam kehidupan sehari-hari seperti unsur matematika bangun datar, membuat garis lurus, mengingat nomor setiap kotak, konsep peluang. Dengan ini anak-anak merasa senang belajar Matematika dengan bermain, dan anak turut serta melestarikan budaya Indonesia agar tidak luntur bahkan punah yaitu permainan tradisional engklek.</p> 2020-06-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/575 An analysis of student error in answer to the skills of conceptual understanding test 2020-07-13T09:48:07+00:00 Aas Muhaiminah aasmuhaiminah98@gmail.com Abas Hidayat abasstikescirebon@gmail.com <p>Mathematics is the basic science of all sciences or the first step in learning other sciences, one of which is in education. In the world of education, especially the Indonesian state mathematics subjects ranked lowest in the TIMSS or PISA survey, it is suspected that one reason is the lack of understanding of students' concepts in mathematics. The purpose of this study was: to determine the level of understanding of students' mathematical concepts. This research is a test of the problem in accordance with the indicators in the ability to understand the concept. The population of this study is the tenth grade students at SMAN 1 Cilimus 2018/2019 school year. The sample of this study is class X IPS 5. Based on data analysis it can be concluded that: the ability of students' mathematical understanding is still lacking especially in class X IPS 5.</p> 2020-06-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/747 Analisis hambatan belajar siswa pada materi program linear 2020-07-13T09:39:35+00:00 Indah Widia Fahrilianti indahwidiaf@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan permasalahan pada materi program linear yang berkaitan dengan <em>learning obstacle</em>. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui <em>learrning obstacle </em>siswa pada materi program linear. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain DDR dan uji terbatas. Instrumen uji coba soal <em>learning obstacle</em> yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan transkrip wawancara. &nbsp;Sebanyak 33 siswa kelas XI MIPA 4 dipilih 8 siswa untuk melakukan wawancara mengenai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis tiga kemampuan tinggi, tiga kemampuan sedang, dan dua siswa kemampuan rendah. Data mengenai hasil tes uji coba soal <em>learning obstacle</em> kemampuan pemecahan masalah matematis selanjutnya dilakukan tahap triangulasi dengan data hasil wawancara. Deskripsi data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap analisis <em>learning obstacle</em><em>. </em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>learning obstacle </em>siswa pada materi program linear yaitu siswa tidak dapat menentukan pemisalan variabel, siswa tidak dapat menentukan model matematika, siswa tidak mengetahui titik potong pada masalah program linear, siswa tidak dapat menyelesaikan daerah penyelesaian dan siswa tidak mengetahui tahapan-tahapan pengerjaan aplikasi atau soal cerita program linear.</p> 2020-06-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/947 Analisis Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar 2020-07-13T09:45:19+00:00 Hesti Febriyanti hestif14@gmail.com Heni Pujiastuti henipujiastuti@untirta.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemecahan masalah dari masing-masing gaya belajar yang berbeda. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif-kualitatif. Popuasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Kibin tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik <em>cluster random sampling</em><em>.</em> Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner, tes, wawancara, dan peneliti. Data mengenai menganalisis pemecahan masalah diambil dari kuesioner dan tes. Hasilnya didapat gaya belajar visual mendominasi. Kemudian 1 siswa dari gaya belajar yang berbeda dijadikan sampel untuk di wawancara. Hasil analisis menunjukkan pemecahan masalah setiap siswa berbeda karena dipengaruhi oleh gaya belajar. Gaya belajar visual dalam pemecahan masalah cenderung menekankan pada soal tes dan mencari informasi yang mendetail untuk memecahkan masalah. Gaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah cenderung mengandalkan ingatan ketika pembelajaran. Gaya belajar kinestetik dalam pemecahan masalah cenderung memahaminya terlebih dahulu, kemudian dikonstruksikan dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya belajar memegang peranan penting dalam pemecahan masalah.</p> <p>Kata kunci : Pemecahan masalah; Gaya belajar visual; Gaya belajar auditorial; Gaya belajar kinestetik</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the problem solving of each different learning style. This research is included in descriptive-qualitative research. Populations taken in this study were students of SMPN 1 Kibin 2019/2020 school year. The research sampling technique used cluster random sampling technique. The instruments used in this study were in the form of questionnaires, tests, interviews, and researchers. Data regarding analyzing problem solving is taken from questionnaires and tests. The result is that the visual learning style is dominated. Then 1 student from a different learning style is sampled to be interviewed. The analysis shows that each student's problem solving is different because it is influenced by learning styles. Visual learning styles in problem solving tend to emphasize test questions and look for detailed information to solve problems. Auditory learning styles in solving problems tend to rely on memories when learning. Kinesthetic learning styles in problem solving tend to understand them first, then constructed in daily life. From these results it can be concluded that the learning style plays an important role in problem solving.</em></p> <p><em>Keywords: Problem solving; Visual learning style; Auditory learning style; Kinesthetic learning style</em></p> 2020-06-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan