IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TIPE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SPATIAL SENSE SISWA SMP NEGERI 2 KADUGEDE
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh model Pembelajaran Matematika
Interaktif Berbasis Komputer Tipe Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Spatial
Sense Siswa SMP dalam Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kadugede yang berjumlah 8 kelas,
sedangkan untuk sampel diambil kelas IX C sebagai kelas eksperimen dan kelas IX
D sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian dijaring melalui instrumen tes
kemampuan spatial sense , pedoman wawancara, dan angket siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan spatial sense siswa SMP
yang mendapat pembelajaran matematika interaktif berbasis komputer tipe drill lebih
baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Peningkatan
kemampuan spatial sense siswa SMP yang mendapat pembelajaran matematika
interaktif berbasis komputer tipe drill sebesar 0,48 yang menurut kriteria Hake
termasuk sedang (2) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika interaktif
berbasis komputer tipe drill positif. Dari hasil perhitungan angket dan wawancara
diperoleh presentase siswa yang mendukung sebesar 81,28 %, sehingga
berdasarkan kriteria Maulana dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh siswa
memberikan respons positif terhadap pembelajaran matematika interaktif berbasis
komputer tipe drill. (3) Keunggulan pembelajaran matematika interaktif berbasis
komputer tipe drill diantaranya : (a) Belajar komputer dengan menggunakan
multimedia interaktif dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar matematika. (b)
Belajar komputer dengan menggunakan multimedia interaktif dapat membantu siswa
memahami konsep bangun ruang sisi lengkung. (c) Animasi yang ditampilkan dapat
membantu siswa memvisualisasikan bangun ruang yang dipelajari. Sedangkan untuk
kelemahannya adalah keterbatasan sarana dan prasarana untuk mendukung
pembelajaran komputer dengan menggunakan multimedia interaktif.
Downloads
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.