PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA

  • Iwan Setiawan
  • Asep Yuslinar
  • Muhammad Irfan Habibi

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah seorang guru matematika di SMK
Muhammadiyah 2 Kuningan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah,
terbukti pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa menyelesaikan soal hanya
menyelesaikan jawaban dengan satu cara yaitu yang diajarkan oleh guru.Desain
penelitian yang digunakan adalah Pretest-PostestControl Group Design sebagai salah
satu jenis desain penelitian yang tergolong ke dalam pendekatan desain penelitian
True Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK
Muhammadiyah 2 Kuningan tahun ajaran 2014/2015. Sampel dipilih secara random
kelas, terpilih dua kelas yaitu kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X
TKJ 2 sebagai kelas kontrol.Setelah dilaksanakan analisis data pada taraf signifikan

Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Konstruktivisme

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-02
How to Cite
Setiawan, I., Yuslinar, A., & Habibi, M. I. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(2), 46-52. Retrieved from https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/127
Abstract viewed = 77 times

Most read articles by the same author(s)