PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TEKNIK BERPIKIR PASANGAN BERBAGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS X

  • Muhammad Irfan Habibi

Abstract

Dalam rangka upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa khususnya dan
peningkatan mutu pendidikan pada umumnya terus dilakukan pemerintah. Dalam hal
berkenaan dengan pendidik, pendidik dapat menerapkan berbagai macam modelmodel pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran
kuantum merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih agar menjadi
efektif, efesien, dan menyenangkan. Pembelajaran kuantum adalah pengubahan
belajar yang meraih dengan segala nuansanya yang berfukus pada hubungan
dinamis dalam lingkungan. Dengan asas utama bawalah dunia mereka (siswa) ke
dalam dunia kita (guru) dan antarkan dunia kita (guru) ke dunia mereka (siswa) serta
perancangan pembelajaran yang dinamis dengan kerangka TANDUR. Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa
kelas X MAN 3 Kota Cirebon dan sampel penelitian dua kelas diambil secara acaak
yang homogeny. Dalam penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui apakah pembelajaran
dengan model pembelajaran kuantum teknik berpikir pasangan berbagi berpengaruh
terhadap hasil belajar matematika siswa, 2) mengetahui apakah proses pembelajaran
yang menggunakan model pembelajaran kuantum teknik berpikir pasangan berbagi
lebih baik dari pada proses pembelajaran yang tidak menggunakan model
pembelajaran kuantum teknik berpikir pasangan berbagi dalam hasil belajar
matematika siswa. Dari hasil penelitian 1) nilai pretes diperoleh rata-rata 29 dan ratarata nilai prostes 75,30 (kelas eksperimen), 2) rata-rata kelompok eksperimen 29,00
dan kelompok control 28,12. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kuantum teknik
berpikir pasangan berbagi lebih baik dari pembelajaran konvesional.

Keywords: model Quantum teaching, teknik berpikir pasangan berbabgi, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-05-01
How to Cite
Habibi, M. I. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TEKNIK BERPIKIR PASANGAN BERBAGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS X. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(1), Vol. 1 No.1 Mei 2015. Retrieved from https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/115
Abstract viewed = 56 times

Most read articles by the same author(s)