PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TEKNIK BERPIKIR PASANGAN BERBAGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS X
Abstract
Dalam rangka upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa khususnya dan
peningkatan mutu pendidikan pada umumnya terus dilakukan pemerintah. Dalam hal
berkenaan dengan pendidik, pendidik dapat menerapkan berbagai macam modelmodel pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran
kuantum merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih agar menjadi
efektif, efesien, dan menyenangkan. Pembelajaran kuantum adalah pengubahan
belajar yang meraih dengan segala nuansanya yang berfukus pada hubungan
dinamis dalam lingkungan. Dengan asas utama bawalah dunia mereka (siswa) ke
dalam dunia kita (guru) dan antarkan dunia kita (guru) ke dunia mereka (siswa) serta
perancangan pembelajaran yang dinamis dengan kerangka TANDUR. Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa
kelas X MAN 3 Kota Cirebon dan sampel penelitian dua kelas diambil secara acaak
yang homogeny. Dalam penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui apakah pembelajaran
dengan model pembelajaran kuantum teknik berpikir pasangan berbagi berpengaruh
terhadap hasil belajar matematika siswa, 2) mengetahui apakah proses pembelajaran
yang menggunakan model pembelajaran kuantum teknik berpikir pasangan berbagi
lebih baik dari pada proses pembelajaran yang tidak menggunakan model
pembelajaran kuantum teknik berpikir pasangan berbagi dalam hasil belajar
matematika siswa. Dari hasil penelitian 1) nilai pretes diperoleh rata-rata 29 dan ratarata nilai prostes 75,30 (kelas eksperimen), 2) rata-rata kelompok eksperimen 29,00
dan kelompok control 28,12. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kuantum teknik
berpikir pasangan berbagi lebih baik dari pembelajaran konvesional.
Downloads
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.