PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED

  • Muhammad Irfan Habibi

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kemampuan pemahaman matematis siswa
SMP yang mengikuti pembelajaran open ended. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk menelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang
mengikuti pembelajaran open ended dan siswa yang mengikuti pembelajaran
ekspositori. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain
kelompok kontrol non ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
salah satu SMP Negeri SATAP di Cirebon tahun ajaran 2014/2015. Sampel untuk
penelitian ini diambil dua kelas VII sebagai kelas eksperimen yang mendapat
pembelajaran open ended dan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran
ekspositori dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang
digunakan berupa soal tes kemampuan pemahaman matematis serta lembar
observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan terhadap rerata gain
ternormalisasi antara dua kelompok sampel. Analisis data kemampuan pemahaman
dan pemecahan masalah matematis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian,
diketahui bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang
mendapat pembelajaran open ended lebih baik daripada siswa yang mendapat
pembelajaran ekspositori. Pelaksanaan pembelajaran open ended berjalan dengan
lancar, respon siswa dan guru juga baik.

Keywords: pemahaman, pemecahan masalah, open ended.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-05-01
How to Cite
Habibi, M. I. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(1), Vol. 1 No.1 Mei 2015. Retrieved from https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/118
Abstract viewed = 64 times

Most read articles by the same author(s)