PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ciwaru

  • Novi Yulianti
  • Diding Jumadi
  • Asep Yuslinar

Abstract

Novi Yulianti (NIM. 113223034), Penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator
and Explaining dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Siswa, Program Studi Pendidikan Matematika (PMTK), 2015. Matematika erat
kaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu cara untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah pembelajaran matematika
dengan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
SMP Negeri 2 Ciwaru tahun ajaran 2014/2015 dan sampelnya adalah siswa kelas VIII
B sebagai kelompok eksperimen dan VIII C sebagai kelompok kontrol. Hasil
penelitian menunjukan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang
diajar dengan metode Student Facilitator and Explaining lebih baik dari Kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan metode konvensional.hal
ini dapat dibuktikan dengan membandingkan nilai rata-rata postest kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol dimana nilai rata-rata postest kelompok
eksperimen sebesar 72,75 lebih besar dari nilai rata-rata postest kelompok kontrol
sebesar 57,75. sedangkan nilai rata-rata skor respon siswa terhadap pembelajaran
matematika dengan metode Student Facilitator and Explaining sebesar 3,44 yang
menunjukan bahwa respon siswa terhadap metode Student Facilitator and Explaining
positif.

Keywords: Metode Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Pemecahan Masalah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-02
How to Cite
Yulianti, N., Jumadi, D., & Yuslinar, A. (2015). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(2), 53-60. Retrieved from https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/128
Abstract viewed = 131 times