PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Penelitian pada siswa kelas VII MTs’ Nurul Huda Timbang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya kemampuan komunikasi
matematika siswa. Hal ini dibuktikan dalam memecahkan masalah, kebanyakan
siswa mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan
permasalahan matematika, seperti mengubah pertanyaan menjadi simbol
matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan
pembelajaran model Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi matematika siswa kelas VII MTs 'Timbang Nurul Huda. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII MTs dari 'Timbang Nurul Huda Sekolah Tahun 2014-2015, sebesar 158 siswa.
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random
sampling. Dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling,
penulis secara acak memilih sampel sebagainya dapat dua kelas. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai dan kuesioner. Teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis normalitas dan uji (uji t) yang
digunakan untuk menentukan penerapan model pembelajaran snowball throwing
dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika kelas VII MTs 'Timbang
Nurul Huda. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji hipotesis statistik
diperoleh t (10,73)> t tabel (2,39), maka terima Hi berarti bahwa penerapan model
pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
matematika kelas VII MTs 'Timbang Nurul Huda. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi matematika kelas VII MTs 'Timbang Nurul Huda.
Downloads
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.