Pengaruh Latihan Leg Press Terhadap Peninngkatan Power Otot Tungkai Pada Atlet Pencak Silat

  • Eti Setiawati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Oman Hadiana STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Power otot tungkai merupakan suatu komponen yang sangat menentukan dalam cabang olahraga pencak silat pada umumnya, khususnya  pada atlet Pencak Silat PBSS Kuningan Club. Masih rendahnya power otot tungkai, sehingga pada saat melakukan tendangan, atlet masih mudah untuk ditangkap atau dipatahkan itu menjadi sebuah masalah dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan beban Leg Press terhadap peningkatan power otot tungkai pada atlet PBSS Kuningan Pencak Silat Club. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah 10 atlet putri. Instrumen yang digunakan Standing Board Jump (lompat jauh tanpa awalan). Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata tes awal 178,5 dan nilai rata-rata pada tes akhir 186,1. Kemudian dianalisis menggunakan statistik uji-t untuk menguji hipotesis statistik. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai t = 12,44. Sedangkan dari tabel pada α = 0,05 ttabel(1-  α)  = 2,101 dengan derajat kebebasan (dk) =  = 10 + 10 – 2 = 18. Karena thitung >ttabel (1-  α) 12,44 >2,101 maka H1 diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh latihan leg press terhadap peningkatan power otot tungkai pada atlet Pencak Silat PBSS Kuningan Club Tahun 2016.

Keywords: Latihan, leg press, power, otot tungkai, pencak silat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian Mahardhika, Nanda. 2013. Hubungan Antara Daya Ledak Otot Tungkai, Kekuatan Otot Perut, Dan Kelentukan Sendi Panggul Dengan Kecepatan Tendangan Sabit Pada Pesilat Tapak Suci Kabupaten Klaten Tahun 2012. UNY.

Any Pujiarti, Sri. 2015. Pengaruh Latihan Hurdle Hops Dalam Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai Pesilat Remaja. Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Happy Kardiawan, I Kadek. 2013. Studi Komparatif Efektivitas Skipping Rope Dan Pelatihan Beban Dengan Teknik
Leg Press Terhadap Peningkatan Daya Ledak (Power) Otot Tungkai Mahasiswa Pembinaan Prestasi Bola Basket Fakultas Olah Raga Dan Kesehatan Undiksha.

Harsono (1988). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta : KONI.

Hasanudin, D. 2009. Tes dan Pengukuran Komponen Fisik Dasar Cabang – Cabang Olahraga. (FPOK, UPI, Bandung)

Lubis, Johansyah. 2014. “Pencak Silat Panduan Praktis”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

MUNAS IPSI XIII, 2012. Peraturan Pertandingan IPSI.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Published
2016-01-29
How to Cite
Setiawati, E., & Hadiana, O. (2016). Pengaruh Latihan Leg Press Terhadap Peninngkatan Power Otot Tungkai Pada Atlet Pencak Silat. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 39-45. https://doi.org/10.33222/juara.v1i1.53
Abstract viewed = 494 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)