Perbandingan Model Discovery Learning Dengan Model Peer Teaching Terhadap Teknik Passing Bawah

  • Deden Heriyadi STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Oman Hadiana STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Teaching terhadap hasil belajar Teknik Dasar Passing Bawah dalam Bola Voli Pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain kelompok kontrol Pretest-Posttest, yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan terhadap subjek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciawigebang tahun ajaran 2016/1017 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 270 siswa. Setelah diketahui dari pembahasan diatas bahwa antara kedua model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran peer teaching keduanya memiliki pengaruh yang baik, untuk mengetahui mana yang lebih baik dari keduanya maka dari itu dilakukan pengujian independent t-test, maka diperoleh nilai discovery learning dan peer teaching ..Karena  maka Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa Model pembelajaran Peer Teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Bawah dalam Bola Voli pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Ciawigebang.

Keywords: Model, Pembelajaran, Discovery Learning, Peer Teaching, Bola Voli

Downloads

Download data is not yet available.

References

Julianto, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Melalui Soft Volley & Volley Ball Like Game. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 51-63. doi:10.33222/juara.v1i2.19

Kurniawan, K., & Ramadan, G. (2016). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Hasil Smash Pada Ekstrakurikuler Bolavoli. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 110-120. doi:10.33222/juara.v1i2.25

Kurniawan, Budi. 2014. Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Ipa Pada Materi Gaya Magnet Siswa Kelas V Sdn O3 Pelabai Kabupaten Lebong.

Manthovani, Damanta. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Dengan Discovery Pada Materi Optik. Nurgana, Endi. 1985. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV. Permadi

Mulyana, N. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Aktivitas Perkuliahan Atletik Melalui
Implementasi PAIKEM. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 18-25. doi:10.33222/juara.v2i1.7

Patrianti, Ayu. 2014. Meningkatkan Proses Pembelajaran Dan Keterampilan Servis Bawah Permainan Bola Voli Menggunakan Metode Drill Kelas V SDN 13 Bengkulu Selatan

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfhabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung : Alfabeta

Suparjo, Jojo. 2014. Meningkatkan Keterampilan Gerakan Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Metode Tutorial Teman Sebaya Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 4 Putri Hijau.

Syaihun, Muhammad. 2013. Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Praktik Shielded Metal Arc
Welding (Smaw) Siswa Kelas X Teknik Las Smk Negeri 2 Pengasih.

Widi Wisudawati, Asih dan Sulistyowati Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: bumi aksara

Widiyantoro, Purbo. 2015. Tingkat Kemampuan Passing Bawah Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 4 Gombong.

Yuli Kuswoyo, Cica. 2013. Meningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Mini Melalui Permainan Bola Berantai Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Tengaran 01.

Yunus, Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Repika Aditama
Published
2018-07-26
How to Cite
Heriyadi, D., & Hadiana, O. (2018). Perbandingan Model Discovery Learning Dengan Model Peer Teaching Terhadap Teknik Passing Bawah. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 89-95. https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.240
Abstract viewed = 1566 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)