Pengaruh Model Pembelajaran Dan Potensi Akademik Terhadap Penguasaan Bermain Sepak Bola Modifikasi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran dan potensi akademik terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi. Model pembelajaran dalam penelitian adalah pendekatan taktis dan pendekatan teknik, sedangkan potensi akademik terdiri dari tinggi dan rendah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Garawangi Kabupaten Kuningan. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen untuk mengukur potensi akademik menggunakan hasil nilai rapot dan mengukur keterampilan bermain sepakbola menggunakan alat ukur Game Performance Assessment Instrument (GPAI). Hasil analisis anova menunjukan, model pendekatan taktis dan pendekatan teknik memberikan pengaruh terhadap keetrampilan bermain sepakbola modifikasi. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan potensi akademik terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi. Uji lanjut tukey’s menunjukkan, model pendekatan taktis dengan pendekatan teknik pada tingkat potensi akademik tinggi memberikan hasil yang sebanding terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi. Model pendekatan taktis lebih baik dari pada pendekatan teknik pada tingkat potensi akademik rendah terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi
Downloads
References
Bahagia, Yoyo. (2009). Fasilitas dan Perlengkapan Penjas. Bandung: FPOK UPI
Bompa, Tudor O. (1994) Theory and Methodology of Training. Iowa: Kendall/Hunt Publishing Company.
Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia
Tarigan, Beltasar. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Sepak Bola. Jakarta: Depdikanas.
Hoedaya, Danu. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Basket. Jakarta: Depdiknas.
Mahendra, Agus. (2008). Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas
Maksum, Ali. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press
Metzler, Michael. W. (2000). Instructional Models For Physical Education. United States of America: A Person Education Company.
Ramadan, G. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 1-10. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/27
Sucipto. (2000). Sepak Bola. Jakarta: Depdikbud
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suherman, Adang. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jamani. Bandung: CV. Bintang WarliArtika
Supardi. (2014). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Prima Ufuk Semesta.
Copyright (c) 2017 Oman Hadiana, Sartono Sartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.