Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Passing Dalam Permainan Futsal

  • Beni Hamzah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Oman Hadiana STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Futsal merupakan olahraga yang dinamis dikarenakan bola bergulir secara cepat dari kaki ke kaki, dimana para pemainnya dituntut untuk selalu bergerak dan dibutuhkan keterampilan yang baik dan determinasi yang tinggi, dan tidak salah lagi futsal digemari akhir-akhir ini. Akan tetapi melihat dari karakteristik dari cabang olahraga futsal, Keterampilan dasar passing merupakan hal penting yang menghubungkan kelima pemain dalam satu unit yang berfungsi lebih baik daripada bagian-bagiannya. ketepatan, langkah, dan waktu pelepasan bola merupakan bagian yang penting dari kombinasi pengoperan bola yang berhasil. Berdasarkan uraian diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan passing futsal, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 di MAN 1 Kuningan dengan jumlah sampel 20. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Problem based learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan passing futsal siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Kuningan. dengan hasil diperoleh nilai thitung sebesar 17.345 dengan sig (0.000) dan nilai t (dk:50%)(20:50%) sebesar 1,72, maka thitung > ttabel atau sig (0.000) <(0.05) maka hipotesis diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan passing bola futsal.

Keywords: Problem based learning, keterampilan, passing, futsal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, Richard.(2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

C. Asri Budiningsih. (2006). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.

Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Justinus Lhaksana Ishak H. Pardosi.(2008) .Inspirasi dan Spirit Futsal. Jakarta.

Jumhana, J., & Agustan, B. (2016). Pengaruh Model Directinstruction Terhadap Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 46-50. doi:10.33222/juara.v1i1.57

Justinus Lhaksana.(2012) .Taktik dan Strategi Futsal modern.Depok: Be Champion.

Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurusan Pendidikan Olahraga. FIK UNY

Murhananto.(2006). Dasar-dasar Permainan Futsal (Sesuai dengan Peraturan FIFA). Jakarta: PT. Kawan Pustaka.

Nanang Riyadi. (2013). Tingkat Keterampilan Kemampuan Dasar Bermain Futsal yang Menggunakan Lapangan Agung Futsal Jatianom Klaten.Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Nurhasan. (2001). Tes dan pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani: Prinsip-Prinsip dan Penerapannya. Jakarta: Depdiknas.

Ramadan, G. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 1-10. doi:10.33222/juara.v2i1.27

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem based Learning Itu Perlu untuk meningkatkan profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sahda Halim. (2009) .1 hari pintar main futsal.Yogyakarta: Penerbit Media presindo
Published
2018-01-25
How to Cite
Hamzah, B., & Hadiana, O. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Passing Dalam Permainan Futsal. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.33222/juara.v3i1.210
Abstract viewed = 5027 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)