Pengaruh Flashcard untuk Mengembangkan Kesejahteraan Psikologis pada Anak Usia 5-6 Tahun

  • Novani Azzahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Idat Muqodas Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risty Justicia Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Kesejahteraan psikologis merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap individu khususnya untuk anak usia dini. Akan tetapi masih minimnya stimulus yang didapatkan oleh anak, sehingga anak menjadi tidak bahagia dalam perjalanan perkembangannya karena anak usia dini merupakan masa emas (golden age), yang mudah menerima stimulasi untuk mengembangkan 6 aspek perkembangannya. Salah satunya yaitu dengan bermain sambil belajar seperti dengan menggunakan media flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh flashcard terhadap perkembangan kesejahteraan psikologis pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Subjek penelitian Anak usia Dini yang berumur 5-6 tahun yang berjumlah 7 orang menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kesejahteraan psikologis pada anak usia 5-6 tahun sebelum diberikan perlakuan media flashcard termasuk kategori sedang dalam kesejahteraan psikologisnya dengan perolehan skor naik turun, hal ini terjadi karena terdapat pengaruh dari faktor luar. Sedangkan setelah diberikan perlakuan dengan media flashcard anak memperoleh skor sangat meningkat dengan kategori tinggi dalam kesejahteraan psikologisnya yaitu adanya kebahagiaan dalam proses perjalanan perkembangannya. Sehingga dengan adanya media flashcard ini mampu membantu menumbuhkan dan meningkatkan kesejahteraan psikologis pada anak usia 5-6 tahun.

Keywords: Kesejahteraan Psikologis, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Flashcard

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifa, siti nur. (2016). Pengembangan Media Flash Card Pada Pembelajaran Tematik Kelas 2 Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Paleran Umbulsari Jember. 01, 1–23.
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702
Anindita, D. N., Sih, M., Utami, S., & Eriany, R. A. P. (2021). Melatih Konsentrasi Pada Anak TK-B Dengan Brain Gym. 13(1), 105–114. https://doi.org/10.26877/paudia.V13i1.17811
Febriyanti, V., Eva, N., & Andayani, S. (n.d.). Tingkat kesejahteraan psikologis ditinjau dari tipe kepribadian big five psychological well-being level based on big five personality type. 20, 141–152.
Ilis. (2009). The Effect Of Using Flashcards On Students’ Ability In Using Prepositions At The First Grade Students Of Junior High School 10 Tapung. 31–58.
Ilis. (2019). The Effect Of Using Flashcards On Students’ Ability In Using Prepositions At The First Grade Students Of Junior High School 10 Tapung.
Justicia, R., Rahayu, A. K., & ... (2023). Pelatihan Media Flashcard Voice Berbasis Teknologi Pada Guru PAUD. Jurnal Pengabdian …, 4(2), 986–993. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/970%0Ahttp://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/970/737
Keyes, C. D. R. and C. L. M. (1978). The structure of psychological revolutions. Journal of the History of the Behavioral Sciences, 14(1), 57–64. https://doi.org/10.1002/1520-6696(197801)14:1<57::AID-JHBS2300140109>3.0.CO;2-7
Keyes, C. L. M. (2013). The Structure of Psychological Well-Being Revisited. October 1995. https://doi.org/10.1037/0022-3514.69.4.719
Khafifah, R. N. (2020). Meningkatkan Perkembangan Kognitif dengan Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini.
Lili, M., & Rivda, Y. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Pendidikan Tambusa, 4(1), 502.
Muhammad, R. (2016). Pengauh Media Model Jam Aktivitas Terhadap Kemampuan Pengukuran Waktu pada Anak Tunarungu Kelas III di SLB B WIYATA DHARMA I Tempel. Skripsi, 66(September), 37–39.
Muqodas, I. (2019). Konseling Kesejahteraan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa. Disertasi, 62–76.
Muqodas, I., Kartadinata, S., Nurihsan, J., Dahlan, T., Yusuf, S., & Imaddudin, A. (2020). Psychological Well- Being : A Preliminary Study of Guidance and Counseling Services Development of Preservice Teachers in Indonesia 3 . 2 Preservice Teachers ’ Psychological Well-being Profile 3 . 1 Preservice Teachers ’ Psychological Well- Being Invent. 399 (Icepp 2019), 56–60.
Pedhu, Y. (2022). Kesejahteraan psikologis dalam hidup membiara. 10(1), 65–78.
Qorina, I. (2019). Anak Sebagai Masa Depan Bangsa Untuk Indonesia Maju. 95–99.
Rustham, T. P. (2019). Dual Earner Family Dan Pengaruhnya Pada Kesejahteraan Psikologis Anak : Sebuah Studi Literatur. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 21(1), 23. https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i1.757
Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081. https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069
Sayyidah, A. F., Mardhotillah, R. N., Sabila, N. A., Rejeki, S., & Nomor, M. U. (2022). Peran Religiusitas Islam dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis. September, 103–115.
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal.
Wulandari, H., & Khusnul, Y. (2020). Research in Early Childhood Education and Parenting. Jurnal UPI Research in Early Childhood Education and Parenting, November, 55–64.
Yulia, A., Rita, I. E., & Rahmatika, R. K. (2018). Kesejahteraan Psikologis pada Anak dan Remaja.
Published
2024-08-08
Abstract viewed = 44 times
PDF downloaded = 72 times