Comic Digital Interactive Sebagai Media Pengenalan Pendidikan Seksual Terhadap Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus kekerasan seksual yang dilakukan kepada anak usia dini, dikarenakan kurangnya pemahaman anak dan kurangnya pembelajaran terkait pendidikan seksual disekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang bisa mengenalkan pendidikan seksual kepada anak usia dini secara mudah dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode penilitian Educational Design Research (EDR). Desain ini merupakan design research yang digunakan untuk bidang pendidikan. Penelitian ini menempatkan desain sebagai bagian yang penting. Desain ini juga dimasukkan kedalam penelitian pengembangan (developmental research) karena berkaitan dengan pengembangan materi dan bahan pembelajaran. Hasil dari perancangan komik digital interaktif menghasilkan komik digital interaktif yang layak untuk dilakukan uji validitas, oleh ahli media digital dan ahli materi pendidikan seksual menggunakan angket validasi dan di uji keterpakaian. Berdasarkan hasil dari uji validitas dan uji keterpakaian menyatakan bahwa media komik digital interaktif dapat digunakan untuk mengenalkan pendidikan seksual kepada anak usia dini.
Downloads
References
Anggraini, T., Riswandi, R., & Sofia, A. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: Aku dan Diriku. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arifin, A. D., Anwariningsih, S. H., & Al Haris, F. H. S. (2021). Analisis kualitas portal komik digital interaktif pikolo dengan metode webqual 4.0. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 5(1), 110–123.
Arika, H. W., & Ichsan, I. (2022). Persepsi Orangtua Terhadap Pentingnya Pendidikan Seksual Anak Usia 5-6 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 400–407. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.10310
Aulia, H., & Himawanti, I. (2020). TAHAPAN PENDIDIKAN SEKS DALAM KAJIAN PSIKOLOGI DAN AL-QUR’AN. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i02.60
Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: “My Bodies Belong To Me.” EARLY CHILDHOOD:JURNAL PENDIDIKAN, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.736
Bakker, A. (2004). Design research in statistics education: On symbolizing and computer tools.
Dewi, F. R., & Setyaningtyas, E. W. (2022). Pengembangan Komik Digital Interaktif untuk Memperkuat Kemampuan Membaca pada Materi Pengukuran Panjang dan Berat Kelas II SD. Jurnal Basicedu, 6(5), 8652–8665. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3884
Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI MELALUI BUKU LIFT THE FLAP “AURATKU.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683
Gill, P., Stewart, K., Treasure, E., & Chadwick, B. (2008). Methods of data collection in qualitative research: Interviews and focus groups. British Dental Journal, 204(6), 291–295. https://doi.org/10.1038/bdj.2008.192
Hasiana, I. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Wahana, 72(2), 118–125. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2725
Isnaeni, R. F., & Latipah, E. (2021). PERKEMBANGAN SEKSUAL ANAK USIA DINI (0-6 TAHUN) DAN STIMULASINYA. Jurnal Golden Age, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3112
Justicia, R. (2017). PANDANGAN ORANG TUA TERKAIT PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI. EARLY CHILDHOOD:JURNAL PENDIDIKAN, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.121
Justicia, R., Pasaribu, G. N., Putri, W. N. S., Jannah, S. R., & Indiriyan, D. (2020). Parents and Teachers’ Perceptions of the Implementation of Sex Education in K-13 Learning at Purwakarta District PAUD Institution. 1st International Conference on Early Childhood Care Education and Parenting (ICECCEP 2019), 134–137.
Muarifah, A., Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2020). Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan pada Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 757. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.451
Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Formative evaluation in educational design research. Design Research, 153, 152–169.
Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational design research, 11–50.
Setyaningsih, A., Sakti, N. C., & Sudarwanto, T. (2022). The effectiveness of e-comic learning media based on teaching factory on creative projects and entrepreneurship in increasing learning outcomes and interest in entrepreneurship. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3).
Suryadi, D. (2013). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, 1, 3–12.
Vagni, M., Maiorano, T., Pajardi, D., & Gudjonsson, G. (2015). Immediate and delayed suggestibility among suspected child victims of sexual abuse. Personality and Individual Differences, 79, 129–133. https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.02.007
Van den Akker, J., Gravemeijer, K., & McKenney, S. (2006). Introducing educational design research. Dalam Educational design research (hlm. 15–19). Routledge.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Zubaedah, S. (2016). Pendidikan seks pada anak usia dini di taman kanak-kanak (TK) Islam kota Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 55–68.
Copyright (c) 2023 Rizki Romadhan, Finita Dewi, Risty Justicia
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.