Smart Book Berbasis Program Keselamatan Diri Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus keselmatan diri anak dari kecelakaan dan bencana alam yang dimana anak menjadi korban kasus tersebut. Kebanyakan lembaga PAUD hanya mengenalkan kepada anak usia dini terkait hal-hal yang membahayakan mereka yang dapat mengancam keselamatan diri anak seperti keselamatan diri dari benda berbahaya, keselamatan diri dari orang asing dan keselamatan diri dari bencana alam. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media Smart Book terkait keselamatan diri anak usia dini untuk para guru dan orang tua dalam layanan PAUD, khususnya dalam memberikan pembelajaran terkait keselamatan diri kepada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penilitian Educational Design Research (EDR). Desain ini merupakan penelitian desain yang digunakan untuk bidang pendidikan yang juga dimasukkan ke dalam penelitian pengembangan ( research developmental ) materi dan bahan pembelajaran. Hasil dari perancangan media smart book berbasis program keselamatan diri ini menghasilkan smart book yang layak untuk dilakukan uji validitas, oleh ahli media digital dan ahli materi pendidikan seksual menggunakan angket validasi dan di uji keterpakaian. Subjek penelitian ini melibatkan 25 orang pendidik dan juga orang tua. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan Smart Book berbasis program keselamatan diri anak usia dini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, penguatan dan pemahaman guru terkait keselamatan diri anak dalam layanan PAUD.
Downloads
References
CNN Indonesia. 2022. Kemen PPPA: 28 Anak Jadi Korban Penculikan Sepanjang 2022. URL: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230104152142-12 896122/kemen-pppa-28-anak-jadi-korban-penculikan-sepanjang-2022#. Diakses tanggal 18 Februari 2023.
Dharmayanti, C. I., Biomi, A. A., & Karubaba, W. H. 2020. Gambaran Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Anak TK Tentang Pendidikan Keselamatan. Bali Health Journal. 3 (2-2):S87-S92.
Justicia, R., Pasaribu, G. N., Putri, W. N. S., Jannah, S. R., & Indiriyan, D. (2020, December). Parents and Teachers’ Perceptions of the Implementation of Sex Education in K-13 Learning at Purwakarta District PAUD Institution. In 1st International Conference on Early Childhood Care Education and Parenting (ICECCEP 2019) (pp. 134-137). Atlantis Press.
KPPA. 2022. Kasus Penculikan 12 Anak, KemenPPPA Minta Hukuman Tegas Terhadap Pelaku. URL: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/3905/kasuspenculik an-12-anak-kemenpppa-minta-hukuman-tegas-terhadap-pelaku. Diakses tanggal 18 Februari 2023.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. 2013 Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications, Thousand Oaks.
Nasrullah, A. C. 2020. Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Pembelajaran Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.
Niaga Asia. 2023. Januari-Februari 2023, Kasus Penculikan Anak Telah 14 Orang. URL: https://www.niaga.asia/januari-februari-2023-kasus-penculikan anak-telah-14-orang/. Diakses tanggal 18 Februari 2023.
Nurhalisah, S. 2021. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan CV Barokah. Skripsi. Kwik Kian Gie School of Business.
Widayati, T. 2018. Pendidikan Keselamatan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Visi. 13 (2):113-122.
Xaba, M. I. 2014. A holistic approach to safety and security at schools in South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences. 5 (20):1580.
Copyright (c) 2023 Risty Justicia, Winda Sulistyowati, Kireina Putri Adzkia, Aulia Syakinah Maulani , Salsa Ainurrahmah.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.