MENCEGAH PERILAKU BULLYING MENGGUNAKAN WEBSITE LEARNING APPS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Wina Andriyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Idat Muqodas Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Kurnia Jayadinata Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya kasus bullying dikalangan anak usia dini, seperti berita yang baru-baru ini terjadi menunjukan adanya anak usia dini sebagai pelaku dan korban bullying. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai efektivitas website learning apps untuk mencegah terjadinya perilaku bullying pada anak usia 5-6 tahun. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode Single Subjek Research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subjek penelitian ini adalah 6 orang anak yang menjadi korban dan pelaku bullying. Pada baseline-1 data yang diperoleh oleh keenam subjek berada pada kriteria tidak baik, pada fase intervensi perolehan data keenam subjek berada pada kriteria baik, dan pada fase baseline-2 perolehan data keenam subjek berada pada kriteria sangat baik. Data hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan pemahaman anak mengenai pencagahan perlilaku bullying melalui penggunaan website learning apps yang telah diterapkan pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., Hendriana, B., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan Media Komik Elektronik untuk Mengurangi Bullying pada Siswa Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2391–2401. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/869
Angkur, M. F. M., Alviani Sum, T., & Redy Partus Jaya, P. (2023). Perspektif Orang Tua Tentang Bullying pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 302–310. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2774
Chakrawati, F. (n.d.). Bullying siapa Takut? Panduan Untuk Mengatsi Bullying. Solo : Tiga Ananda., 2015.
Dania Ayuningthias, N. K., & Ayu Tirtayani, L. (2023). Pengembangan Media Pencegahan Bullying bagi Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Abiansemal Tahun Ajaran 2022/2023. Journal Of Social Science Research, 3(5), 6050–6062.
Dewi, tri, kumula, Jasmani, Latifa, B., & Suryana, D. (2023). Asesmen Sosial Emosional Kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Bakti 38 Ranah Baru. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 268–273. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2540
Firmansyah, B. (2022). Pengembangan Blended Learning Melalui Aplikasi E-Campus Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon Volume 2 Nomor 2 ( 2020 ) Pages 72 – 83 Edulead : Journal of Education Management Pengembangan Blended Learning Melalui Aplikasi E-Campus Institut Agama Isla. June.
Fitri, Ade R, Tirtayani, L. A. (2023). Pengembangan Media Promosi Komik Elektronik Untuk Pencegahan Bullying Bagi Anak Usia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 6063–6074. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5562%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/5562/3928
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). The use of audio visual media to improve student learning outcomes in material relationships between living creatures. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3576/pdf
Ghyna, A. (2021). STOP BULLYING (A-Z PROBLEM BULLYING DAN SOLUSINYA) (Dyas (ed.)). Cemerlang Publishing.
Harlock, E. B. (1978). Psikologi Perkembangan. Erlangga.
Hartati, S., Safitri, D., Marini, A., & Wahyudi, A. (2020). Bullying behavior in early childhood: Study at Early Childhood Education Institution in East Jakarta in Indonesia. Talent Development & Excellence, 55(1), 55–63. http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/jurnal/581-Article_Text-1066-1-10-20200515(1).pdf
Hastuty, M., Fahmi, & Rosidah, laily. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 102–109. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1511
Indonesia, R. (2003). Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Pusat, LN.2003/NO.78, TLN NO.4301, LL SETNEG : 37 HLM.
Kemendikbud. (2020). Pencegahan Perundungan Pada Anak Usia Dini. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24.
Kurniasih, E. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91.
Makkatenni, N. H., Bamba, A. T., Tandiallo, R. S., Nurmila, N., & Ariqah, N. (2023). Molly Polly: Permainan Berbasis Media Pembelajaran untuk Mengedukasi Anti Perilaku Perundungan. Jurnal Psikologi Insight, 5(2), 116–129. https://doi.org/10.17509/insight.v5i2.62765
Maria, D. Y., Amry, R. Y., Rahayu, B. A., & Oktavianto, E. (2020). Game Edukasi Sehat Jiwa Sebagai Manajemen Pencegahan Bullying Di SDN Pungkuran Pleret Bantul. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(9), 529–538.
Mayangsari. (2023). Mencegah Perilaku Bullying Menggunakan Media Pop-Up Book Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 139–143. https://anthor.org
Mentari, A., Yanzi, H., & Nopiana. (2020). Character Building Since Early Childhood Through Story Telling About Folklore. 454(Ecep 2019), 43–47. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.008
Munawarah, R. R. D. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 15–32. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/14468%0Ahttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/viewFile/14468/7126
Muqodas, I., Sajidah, L. G., Hidayaturrachman, N., Prasojo, R. Y., Pendidikan, G., & Usia, A. (2023). Devotion to Roudhoh Kindergarten Plus Teachers Using the Learning Apps Application. 1(1).
Nurkholis, Hendri Raharjo, & Toto Santi Aji. (2022). Penggunaan Learningapps Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1508–1515. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3108
Rahayu, P., Rasyid, H., Puspitasari, C. A., & Islamiyah, R. (2020). The Role of Teachers and Parents in Preventing Bullying in Early Childhood Education. 421(Icalc 2019), 359–362. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.043
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini (Pertama). Caremedia Communication. https://books.google.co.id/books?id=cxv-DwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PA4#v=onepage&q&f=false
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tinggal Pendidikan Dengan Subjek Tunggal. Cricet: Universitas Tsukuba, 59.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717
Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena perilaku. 1(2), 157–166. https://doi.org/10.30998/ocimxxxxxx
Widiyanthi, D. A. (2017). Media Anti Bullying : Pembimbingan Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak Di Kota Singaraja. Jurnal Widya Laksana, 5(1), 29. https://doi.org/10.23887/jwl.v5i1.9101
ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
Published
2024-08-10
Abstract viewed = 53 times
PDF downloaded = 64 times