Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini

  • Dodi Ahmad Haerudin STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Eva Gustiana STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran visual berbasis aplikasi canva dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah guru dan anak PAUD Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian dan verifikasi data untuk memilah data dan menarik kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil dari analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran visual berbasis aplikasi canva membuat anak lebih aktif dan antusias dalam belajar, karena tampilan media canva yang menarik, tampilan-tampilan gambar dan warna yang sesuai dan menarik minat belajar anak yang didukungan dengan rasa ingin tahu anak tentang media visual tersebut sangat tinggi. Setelah menggunakan aplikasi canva secara keseluruhan hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran menggunan media visual berbasis Canva didapatkan data 89,8% tergolong kategori sangat aktif.

Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Motivasi Belajar AUD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristia, K., Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran
Fajri, Z. (2019a). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik
Fajri, Z., Baharun, H., Muali, C., Shofiatun, Farida, L., & Wahyuningtiyas, Y. (2021). Student’s Learning Motivation and Interest; the Effectiveness of Online Learning during COVID-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). https://doi.org/10.1088/1742 6596/1899/1/012178
Fajri, Z., Toba, R., Muali, C., Ulfah, M., & Zahro, F. (2022). The Implications of Naturalist Illustration Image Media on Early Childhood Learning Concentration and Motivation. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3278–3290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2092
Fajri, Z., Yasin, M., Masykur, M., & Adi Putra, M. W. (2021). PKM Penyuluhan Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD pada Masa Pendemi Covid-19. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3), 493–508. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2756
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384– 2394.
Irsan, Andi Lely Nurmaya. G, Adinda Pertiwi, F. R. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. JURNAL ABDIDAS, 2(6), 1412–1417.
Kemendikbud, R. I. (2014). Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 1(137).
Lestyowati, J. (2020). Metode Storytelling : Peningkatkan Motivasi Perilaku Antikorupsi. INTEGRITAS: Jurnal Antikorupsi, 6(1), 125–139.
Mila, N., Naila, A., Azisah, Q., & Arisah, N. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media
Ningrum, E. (2009). Kompetensi Profesional Guru dalam Konteks Strategi Pembelajaran. BUANA NUSANTARA.
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Peserta didik Tumbuh dan Berkembang. Erlangga.
Rachmawati, Y. (2020). Pengembangan Model Etnoparenting Indonesia pada Pengasuhan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1150–1162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.706
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Ber basis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Rahmawati, F., & Atmojo, R. I. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(3), 6271–6279. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 8(4), 107. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110251
Rahmina, W., Nurtiani, A. T., & Amelia, L. (2020). Analisis Kegiatan-Kegiatan Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok A di TK Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Pendidikan, 1(1). https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/51
Resmini’, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859/2593
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahapeserta didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Taiwo, S. (2009). Teachers perception of the role media in classroom teaching in secondary schools. The Turkish Online Journal of Educational Technology – TOJET, 8(1 Article 8), ISSN: 1303-6521.
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 291 times
PDF downloaded = 221 times