Analisis Persepsi Orang Tua Terhadap Penerapan Sistem Full Day School dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi orang tua terhadap penerapan sistem full day school dalam mencapai pembentukan karakter anak di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualittaif. Penelitian dilakukan di SDIT Al-Istiqomah Kuningan. Adapun sampel penelitian ini adalah orang tua siswa yang putra-putrinya masih aktif bersekolah di SDIT Al-Istiqomah dan minimal sudah menjalani 3 tahun (kelas 4, 5, dan 6). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa menurut persepsi orang tua siswa, penerapan full day school di SDIT Al-Istiqomah bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas kemampuan kognitif saja, namun berhasil membentuk karakter anak melalui pembiasaan-pembiasaan positif yang dilaksanakan selama di sekolah dan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari walaupun sedang berada di luar sekolah. Hal tersebut ditunjukkan dengan pencapaian prosentase sebesar 92 % yang termasuk dalam kategori sangat baik.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.
Aryanti, H. G. (2011). Studi implementasi sistem full day school dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010.
Baharuddin, H. (2009). Pendidikan dan psikologi perkembangan. Cet. I (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009).
Fahruddin, A. H., & Suyuthi, A. (2017). SEKOLAH ISLAM ELIT DAN UNGGUL (Kajian Historis dan Perkembangannya). Akademika, 11(02).
Gustiana, E., & Sari, A. K. P. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Bidang Pendidikan Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 199-204.
INDONESIA, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Iskandar, W., & Narimo, S. (2019). Pengelolaan full day school dalam membentuk karakter siswa SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 24-33.
Pranjia, U. R., Ulpa, I. M., & Manthika, S. P. (2020). Implementasi sikap spiritual dan sikap sosial dalam sistem full day school. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 31-43.
Sari, A. K. P., & Falah, I. F. (2018). Perbedaan stress level siswa sekolah dasar antara full-day dan half-day school di kabupaten kuningan. EDUCATOR, 4(2), 142-148.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yuwono, T. H. (2017). Full Day School: Realisasi Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 73-83.
Copyright (c) 2023 Agatha Kristi Pramudika Sari, Eva Gustiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.