Keterlibatan Orang Tua Dalam Bidang Pendidikan Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini
Abstract
Hubungan Keterlibatan Orangtua Dalam Bidang Pendidikan Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini, keterlibatan orangtua dalam bidang pendidikan terhadap perilaku sosial anak usia dini sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam pendidikan terhadap perilaku sosial emosional di RA An Nuur Manggari, semester II tahun pelajaran 2020/2021. Adapun jumlah anak didik di RA An Nuur Manggari adalah 74 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan orangtua. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlibatan orangtua di RA An Nuur Manggaritermasuk dalam kategori tinggi sebesar 78,38 % dan perilaku sosial emosional anak pada kategori tinggi sebesar 54 %. Artinya keterlibatan orangtua dalam pendidikan sangat berhubungan signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan keterlibatan orangtua dalam bidang pendidikan terhadap perilaku sosial emosional di RA An Nuur Manggari.
Downloads
References
Albert, B. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall, Inc.
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.
Daflora, R., & Jaya, R. P. (2019). Analisis Pemahaman Orang Tua Siswa Akan Keterlibatannya Dalam PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 10–19. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4606
Haerudin, D. A. . N. C. (2018). PENERAPAN METODE STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420
Lubis, M. Y. (2019). Sosioemosi Aud Pkl 3.Pdf. 2(1).
Qadafi, M., Islam, U., Mataram, N., & Barat, N. T. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Orang Tua Dalam. 4(1), 57–65.
Rahayu, A., & Dewi, T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku. Golden Age Hamzanwadi University, 2(2), 66–74.
Rohma, M. & I. (2017). Hubungan Antara Pola Komunikasi Keluarga Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di PAUD Catleya 62 Di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2622–2353), 36–38.
Santrock, jhon W. (2002). No Life-Span Development. Erlangga.
Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
Wijirahayu, A., Pranaji, D. K., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Copyright (c) 2022 Eva Gustiana, Agatha Kristi Pramudika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.