Penerapan Program Interpersonal Communication Training Terhadap Kemampuan Komunikasi
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena mengenai komunikasi interpersonal pada ibu yang memiliki anak usia dini. Aspek komunikasi interpersonal meliputi, openess (keterbukaan), empathy (empati), supportiveness (dukungan), positiveness (rasa positif), equality (kesetaraan). Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran apakah modul yang dirancang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal ibu yang memiliki anak usia dini. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental. Sampel penelitian adalah 10 ibu yang memiliki anak usia dini. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner komunikasi interpersonal DeVito. Pengujian validitas alat ukur dilakukan dengan teknik construct validity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu menampilkan reaksi positif terhadap pelatihan dan menunjukkan peningkatan kelima aspek komunikasi interpersonal. Hal ini Berdasarkan hasil dari pre-post test skor total komunikasi interpersonal sebesar 0,005 (H0 ditolak), pre-post test skor aspek openness sebesar 0,017 (H0 ditolak), pre-post test skor aspek empathy sebesar 0,005 (H0 ditolak), pre-post test skor aspek supportiveness sebesar 0,034 (H0 ditolak), pre-post test skor aspek positivenness sebesar 0,018 (H0 ditolak), pre-post test skor aspek equality sebesar 0,020 (H0 ditolak). Dari data tersebut menunjukkan bahwa thitung < ttabel, sehingga H0 ditolak, maka terdapat pengaruh pada aspek komunikasi interpersonal, openness, empathy, supportiveness, positivenness dan equality secara significant.
Downloads
References
Aw, Suranto (2011). Komunikasi Intepersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu
Azwar, Saifuddin M.A.(2005). Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
DeVito, Joseph. A. (1997). Komunikasi Antar manusia Edisi Kelima. Alih Bahas a oleh Ir.Agus Maulana MSM. Jakarta: Profesional Books.
Feldman, Olds, Papalia. (2009). Human Development. Edisi Sepuluh. Alih Bahasa oleh Brian Marwensdy. Jakarta: Salemba Humanika
Friedenberg, Lisa. (1995). Psychological Testinf: Design, Analysis, and Use. Massachusetts: Allyn & Bacon A Simon & Schuster Company.
Gordon, Thomas. (1994). Menjadi Orangtua Efektif dalam Mendidik Anak yang Bertanggung jawab. Jakarta: Gramedia Pustaka
Graziano, Anthony. M. (2000). Research Methods: A Process of Inquiry. New York: Allyn & Bacon.
Joni. (2013). Pengaruh Disiplin Belajar & Komunikasi Interpersonal Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 13 Padang. Melalui : ejournal.unp.ac.id/students/index/php/pek/article/view.
Kirkpatrick, Donald L.(2006). Evaluating Training Program 2nd Edition. Berrete-Koehler Publisher. Inc. Boston.
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 48-58.
Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ramdhani, Rio. (2013). Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Dalam Membentuk Perilaku Positif Anak Pada Murid SDIT Corvoda Samarinda. Samarinda: Skripsi. Universitas Mulawarman
Rusyiyah. C. Aida. (2008). Efektivitas Penyuluhan Komunikasi Interpersonal Pada Ibu Dengan Anak Autistik di Lembang Study Autisme “X” Bandung. Tesis. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.
Santrock. W. John. (2009). Life Span Development. Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Schaefer, Charles. (1979). Bagaimana Mendidik dan Mendisiplinkan Anak, Alih Bahasa Oleh Drs. R. Turman Sirait & Dr. Conny. Semiawan Medan: Kmpus IKIP Medan.
Silberman, Mel. (1990). Active Training, a Handbook of Techniques Designs, Case Example and Tips. New York: Lexingtong Books.
Shochib, Moh. (1998). Pola Asuh Orang Tua untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiono, (2013). Statistik Nonparametris. Bandung. CV. Alfabeta
Walter GA, Marks SE. (1981). Experiential Learning and Change: theory, design and practice. New York.
Weight, Albert. (1970). Participative Education and The Inevitable Revolution. Journal of Creative Behavior, Vol 4, pp 234-282.
Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Grasindo
Wisnuwardhani, Dian & Mashoedi. F. Sri. (2012). Hubungan Interpersonal. Jakarta : Salemba Humanika.
Yusuf, Elvina. (2012). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dengan Anak panti Asuhan dalam Meningkatkan Kemandirian Anak. Melalui: http://pat.trunojoyo.ac.id/welcome
.detail/090531100021
Copyright (c) 2019 Eva Gustiana, Opah Ropiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.