Penggunaan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran di Era Modernisasi Pada PAUD Baitul Haq
Abstract
Pendidikan melalui televisi telah memberikan banyak manfaat, terutama di lingkungan sekolah. Dengan teknologi canggih dan konten yang menarik, TV Sekolah dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif bagi siswa. Acara-acara yang ditayangkan menampilkan konten-konten pendidikan, hiburan, media ekspresi dan juga bisa menjadi media promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penggunaan TV sekolah dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam era modernisasi pada PAUD Baitul Haq. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik mengumpulkan data lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TV sekolah dapat memberikan berbagai manfaat dalam proses pembelajaran di era modernisasi pada PAUD Baitul Haq.
Downloads
References
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.68
Burumi, Y. A., & Watini, S. (2022). Penggunaan Channel TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi IV Serui. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3491–3498. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.863
Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646–2653. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737
Elliza, E., & Watini, S. (2022). TV Sekolah Sebagai Media Meningkatkan Kreativitas Guru Di TKIT Ar-Rahman 1. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1747–1758. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1747-1758.2022
Fitriani, F., & Watini, S. (2022). Implementasi Media TV Sekolah dalam Mengembangkan Motivasi Belajar pada Anak Paud Pelita Hati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2936–2941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.786
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 60–71. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193/195
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87
Latifah, I., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada TKIT Al Hikmah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 602–606. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.463
Lesmana, D. E., Annisa, N., Setiawati, C., & Watini, S. (2023). Pemanfaatan Studi Literatur TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran Digital PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2055–2063. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1818
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225–232. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178
Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55–67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142
Rannu, D., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 680–686. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.485
Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708
Rosmawati, C., & Watini, S. (2023). Peran TV Sekolah sebagai Media Syiar Konten Edukasi bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 185–196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3692
Srihayati, T., & Watini, S. (2022). Implementasi Media TV Sekolah sebagai Inovasi dalam Pendidikan di RA Darussalam. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 23–30. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2018
Stit, S., & Nusantara, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Televisi Dalam Pembelajaran Untuk Memperbaiki Perilaku Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 269–278. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1192
Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110–123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Yulianah, N., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi yang Efektif di RA Senyum Muslim. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1841–1848. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1841-1848.2022
Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729
Copyright (c) 2023 Eha Wahyuni Sya'adah, Ernida Afriani, Sekar Ayu Cahyaningrum, Zahra Nur Afiya, Sri Watini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.