Implementasi Model Siuul dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Speech Delay Berbasis Media Kartu Huruf Bergambar

  • Lina Marlina Universitas Pancasakti Bekasi
  • Eva Susana Universitas Pancasakti Bekasi
  • Ade Ahmad Ghozali Universitas Pancasakti Bekasi
  • Muna Sovia Mamba’usa’adah Universitas Pancasakti Bekasi
  • Sri Watini Universitas Pancasakti Bekasi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu agar dapat melihat sejauh mana metode SIUUL dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak yang speech delay. Metode pada penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua orang anak di SPS Yaman Nurjati, metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi visual dan dokumen berupa gambar. Langkah pembelajaran melalui kegiatan berbicara dengan metode kartu huruf bergambar di SPS Yaman Nurjati menggunakan model SIUUL (Simak-Ucap-ULang), dengan menunjukan hasil peningkatan kemampuan bercerita guna mendorong anak-anak agar lebih maju ke tingkat yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran SIUUL pada anak yang memiliki keterlambatan bicara atau speach delay efektif dilakukan.

Keywords: Model SIUUL, Speech Delay, Kartu Huruf

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andraeni, M., Sutisna, Y. H., Desi, A. R., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL untuk Mengembangkan Kecakapan Berpidato. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2330–2335. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1844
Antini, N. K. A., ., Mutiara Magta, S.Pd., M. P., & ., Putu Rahayu Ujianti, S.Psi., M.Psi., P. (2019). Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok a Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 143. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18884
Ariani, S., Asmarany, A., Herawati, E., Ririn, R., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Mengembangkan Kemampuan Bercerita Menggunakan Boneka Tangan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3752–3757. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2089
Azhari, A. (2015). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.586
Bazaz, T. M., Haryati, I., Ramadhan, P., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Pembelajaran Berbicara pada Anak Usia Dini di TK Raudhatunnisa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2444–2449. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1476
Fadila Rahmah, Seli Amalia Kotrunnada, P. (2023). Speech delay. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dni, 8(1), 99–110.
Fauzia, Wulan & Meiliawati, F. et al. (2020). MENGENALI DAN MENANGANI SPEECH DELAY PADA ANAK. Jurnal Al-Shifa, 1(2), 102–110.
Khoiriyah, Anizar Ahmad, D. F. (2016). MODEL PENGEMBANGAN KECAKAPAN BERBAHASA ANAK YANG TERLAMBAT BERBICARA ( SPEECH DELAY. Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay), 1(1), 36–45.
Mudiyah, & Watini, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak melalui Media Boneka Jari pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4258–4265. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1545
Munani, Dewi Stiani, Nurul Alfiah, Rosilah, S. W. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini Munani1,. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 95–108. https://doi.org/10.1007/978-3-031-07753-1_7
Nurlaela, N., Naimah, N., & Rachmy Diana, R. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 114–121. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.114
Oktaviana, H. D., Asriani, L., Dewi, Y. S., Fitriasari, A., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Meningkatkan Keterampilan MC pada AUD di PAUD Teratai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3724–3730. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2085
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351
Retnowati, L., Kaeski, Y. T., Janah, R., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah di TKIT Nur Sa’adah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3072–3078. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1957
Sahlia, S., Herlina, Y., Cahyani, F., Sunandar, K., & Watini, S. (2023). Implementation of the Siuul Model in Developing Speaking Skills Through Role-Playing Centers in Children Aged 4-5 Years At Spsn Bale Playing Abdi Praja Cilincing North Jakarta. Jurnal Scientia, 12(1), 2023. http://infor.seaninstitute.org/index.php
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Sumandari, I Nyoman Wirya, P. R. U. (2016). KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI RA BAITUL MUTA ’ ALLIM DESA TEGALLINGGAH Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3), 1–10.
Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1861-1872.2022
Widyaning Ati, R., Nurkiyah, E., Aijah, I., Soliha, S., & Watini, S. (2023). Implementasi Pembelajaran dengan Model Simak Ucap Ulang (SIUUL) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal pada Anak Usia Dini Kelompok B. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3137–3142. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1544
Published
2023-12-13
Abstract viewed = 315 times
PDF downloaded = 240 times