Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk membahas tentang pemanfaatan TV Sekolah sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter untuk anak usia dini. Dalam tumbuh kembangnya, mereka membutuhkan dukungan, bimbingan dan keteladanan yang baik dari lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggambarkan dan menganalisa apa yang terjadi di lapangan sesuai apa adanya berupa kata-kata dengan teknik penelitian 1. studi pustaka 2. observasi, 3. wawancara 4. dokumentasi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa TV Sekolah berpotensi tinggi untuk menyampaikan pesan pendidikan yang menarik minat dan perhatian anak. Pentingnya siaran edukatif TV Sekolah dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran. TV Sekolah juga mampu menjadi sarana pendidikan karakter anak seperti peduli sosial, percaya diri, cinta damai, nasionalisme, rasa ingin tahu, disiplin, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, dan religius. Dengan dampak positif yang dimunculkan, TV Sekolah diharapkan dapat menjadi salah satu media untuk terciptanya akhlak bangsa Indonesia yang tertuang dalam arah pendidikan nasional.
Downloads
References
Anwas, Oos M. 1999. Antara Televisi, Anak, dan Keluarga. Artikel Jurnal Teknodik, Jakarta: Pustekkom Depdiknas No. 7/IV/Teknodik/Oktober/1999
Astarini, Novita dkk. (2018). Studi Dampak Tavangan Televisi Terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Anak: https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10554
Albertus, Doni Kusuma. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Azhar Aryad. (2015). Media Pembelajaran. Edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers
Barnawi & Arifin. (2016). Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Darmuin, dkk. (2012). Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Kelompok Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI). Semarang: Panitia PLPG LPTK Rayon 206 Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.
Darwanto. (2007). Televisi sebagai Media Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Desmita. (2012). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hariyanto, F. (2018). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Menonton Acara Televisi. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(2), 179–186.
Hermes, Joke and Hill, A. (2020). Television’s undoing of social distancing. European Journal of Cultural Studies, 23 (4). https://doi.org/doi.org/10.1177/1367549420927724
Kamaruzaman Jusoff, Nurul Nadiah Sahimi. (2009). Television and Media Literacy in Young Children: Issues and Effects in Early Childhood. https://doi.org/10.5539/ies.v2n3p151
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. (2019). Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Pembangunan Pendidikan Nasional 2010-2014; Paparan Mendiknas Mohammad Nuh dalam Rembug Nasional Pendidikan 2010. Depok: 2-4 Maret 2010
KPI. (2018, May 23). (Anugerah Penyiaran Ramah Anak) Memicu Munculnya Program Anak Berkualitas. Kpi.Go.Id. https://kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/34520 anugerah-penyiaran-ramah-anak-memicu-munculnya-program-anak-berkualitas-2
KPI. (2021a). Konten Televisi Ramah Anak Sebagai Investasi Untuk Masa Depan Bangsa. Kpi.Go.Id. https://kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/36352-konten-televisi
Latifah, Ifa dan Sri Watini. (2002). Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada TKIT Al Hikmah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854)
Makarim, Chodidjah. (2015). Peran Media Massa Televisi Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/FIKRAH/article/view/116/114
Maldino, Sharon E., Lowthter, Deborah L., Russel, James D. (2011). Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (Alih bahasa: Arif Rahman). Jakarta: Kencana
Morrison, George S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). (Alib bahasa: Suci Romadhon & Apri Widiastuti). Jakarta: Indeks
Muhammad Zul Ahmadi, dkk. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Nugrahani, F. (2017). The Development of Film-Based Literary Materials Which Support Character Education. https://doi.org/10.1201/9781315104188-75
Oos M Anwas. (2010). Televisi Mendidik Karakter Bangsa: Harapan dan Tantangan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.517
Riyanto. (2010). 4 Model Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah: Antara Otonomi, Integrasi, Suplemen, dan Kolaborasi Read more about integrasi pendidikan karakter dengan mata pelajaran by Kang Marfu. https://riyantosma9yk.word press.com
Rohani,Gifari Annisa. (2015). Pengaruh Televisi (Tv) Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12355
Sabardila, Atiqa dkk. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875
Silva, Lintang Dian. Imajinasi Tontonan Televisi Terhadap Tuntunan Diri Anak. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjpe/article/view/3135
Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., Russel, James D. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc.
Sri Watini dkk. HKI Kemenhumkam atas nama Sri Watini, Dkk dengan nomor pencatatan 000224874 tertanggal 1 Juli 2020 diterbitkan di Jakarta.
Sumarni, Nani (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Tekhnologi Informasi Untuk Membentuk Karakter Bangsa Indonesia.http://journal.steialamar.com/ojs1/index.php/alamar/article/download/59/52
Suyanto.(2009).http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.id/web/pages/u rgensi.html Diakses pada tanggal 1 Februari 2022
Tina Kubrak. (2020). Impact of Films: Changes in Young People’s Attitudes after Watching a Movie. Behavioral Sciences, 10(5). https://doi.org/doi:10.3390/bs10050086
Trahati, Melia Rimadhani. (2015). “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
unpad.ac.id. (2019, May 17). Sejumlah Ahli Penyiaran Unpad Sampaikan Masukan Kritis Mengenai Tayangan Program Televisi Indonesia – Universitas Padjadjaran. Unpad.Ac.Id. https://www.unpad.ac.id/2019/05/sejumlah-ahli-penyiaran-unpad-sampaikan-masukan-kritis-mengenai-tayangan-program-televisi-indonesia/
Utami, Rahayu Dwi. (2018). Urgensi Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Zaman Now. https://doi.org/10.31227/osf.io/4gf6y
voaindonesia.com. (2021). Banjir Kritik, KPAI-KPI Siap Bahas Sinetron Tak Ramah Anak. Voaindonesia.Com. https://www.voaindonesia.com/a/banjirkritik-kpai-kpi-siap-bahas-sinetron-tak-ramah Diakses pada 1 Februari 2022
Watini, S. (2020). Implementation of Asyik Play Model in Enhancing Character Value of Implementation of Asyik Play Model in Enhancing Character Value of Early Childhood. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042055
Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Yulianti, Padmi Dhyah dan Hartini, Tri. (2015). Literasi Media Televisi Bagi Orang Tua: Upaya Melindungi Anak dari Dampak Negatif Televisi. Seminar Psikologi & Kemanusiaan © 2015 Psychology Forum UMM, ISBN: 978-979-796- 324-8
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Copyright (c) 2022 Oom Rohmawati, Sri Watini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.