Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun 10 Bulan pada Bidang Fonologi, Sintaksis, dan Semantik

  • Yuni Pailing Universitas Negeri Makassar
  • Juanda Juanda Universitas Negeri Makassar

Abstract

Pemerolehan bahasa pada anak merupakan hal penting untuk dikaji. Pemahaman terhadap pemerolehan bahasa merupakan salah satu dasar yang tepat untuk mengajarkan  bahasa kepada anak.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa anak usia 3 tahun 10 bulan pada bidang fonologi, sintaksis, dan semantik. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan teknik rekam-catat. Subjek dalam penelitian ini adalah Arsyila Yumna (AY),  anak perempuan berusia 3 tahun 10 bulan yang tinggal di Kota Parepare. Berdasarkan hasil analisis data,  ditemukan bahwa AY telah mampu menyebutkan semua fonem vokal dengan tepat. Untuk fonem konsonan, pelafalannya sudah sempurna jika dilafalkan per-satuannya. Namun, masih ada kekeliruan dalam melafalkan dua konsonan dalam satu kata tertentu. Ditinjau dari bidang sintaksis, AY sudah mampu  untuk mengucapkan kata dalam beberapa kalimat sederhana maupun kompleks. AY juga telah menunjukkan kemampuan menghasilkan berbagai variasi kalimat, seperti kalimat deklaratif, interogatif, imperatif, dan interjeksi. Sedangkan, dari aspek semantiknya, AY telah menunjukkan kemampuan untuk membedakan makna kata dan penggunaannya serta memahami kalimat atau konteks pembicaraan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi orang tua, guru, atau orang di sekitar anak dalam mengajarkan bahasa kepada anak.

Keywords: pemerolehan bahasa anak, fonologi, sintaksis, semantik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affauzani, F. R. (2020). Pengaruh Gawai Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun: Kajian Aspek Sintaksis. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.2988

Bawamenewi, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Pada Tataran Fonologi: Analisis Psikolinguistik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 145–154. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.1303

Cahyani, Sutama, & Dewantara. (2022). Pengaruh Teknologi Terhadap Pemerolehan dan Perkembangan Semantik Serta Sintaksis Kanak-Kanak Usia 2-3 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 24–32.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teori. Jakarta: Rineka Cipta.

Dari, U., & Nadya, N. L. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Dalam Bidang Sintaksis. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 3(2), 67. https://doi.org/10.52333/didactique.v3i2.931

Firdhayanty. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1), 45–50.

Maulana, I. (2021). Pengaruh Percakapan Negatif Keluarga Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun. Semiotika, 22(1), 57–67.

Maulinawati, Amelia, L., & Rismawati. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak Di Kelompok B TK Tut Wuri Handayani Samahani Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–13.

Mieske. (2020). Analisis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun (Bidang Semantik). Jurnal Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 1–7.

Miles dan Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (terjemahan Tjepjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UIP

Nissa, K. A., Zahrah, N. A., & Putra, D. A. K. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun (Studi Kasus Pada Siswa Paud Pitara Pondok Cabe Ilir, Tangerang Selatan). MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 20(1), 74. https://doi.org/10.26499/mm.v20i1.4417

Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500

Rahayu, S. S., & Setiawan, H. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun 1 Bulan (Kajian Psikolinguistik). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 139–148. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm

Safira, A. D., & Sagala, R. W. (2022). Speech of Three Years Old Children in Language Acquisition. Jurnal JOEPALLT (Journal of English Pedagogy, Linguistics, Literature, and Teaching), 10(2), 159–165. https://doi.org/10.35194/jj.v10i2.2582

Salamah, Abdullah, & Suhardi. (2022). Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 27–34.

Sulaiman, Z. (2020). Kajian Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Tiga Puluh Enam Bulan. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 110. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i2.2968

Suparman. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 67–77. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.145

Supriyadi, A., & Djumadil, S. M. S. (2022). Pemerolehan Fonologis , Sintaksis dan Semantik Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6149–6163. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3165

Tuti, P., Dewi, A. C., & Sulianto, J. (2021). Analisis Perkembangan Semantik Dan Sintaksis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 289–300. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9244

Washadi. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dua Tahun Pada Tataran Linguistik. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/10224/5939

Wulandari, G. R. (2020). Pemerolehan Bahasa: Kajian Aspek Fonologi Pada Anak Usia 2-2,3 Tahun. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 129–136. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5084

Published
2022-12-29
Abstract viewed = 581 times
pdf downloaded = 369 times