Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Pencak Silat Tapak Suci

  • Yuyu Yuningsih STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Eva Gustiana STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini agar penulis bisa mengetahui perencanaan permainan pencaksilat penerapan permainan pencaksilat tapak suci untuk keterampilan motorik kasar dan dapat mengetahui hasil permainan pencak silat terhadap keterampilan motorik kasar. Metodologi penelitianini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus, dengan tahap tindakan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian adalah di TK PGRI Sakerta Barat Semester II tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 49 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi dan dokumentasi sebagai pendukung. Berdasarkan hasil observasi tindakan yang dilakukan oleh peneliti pada setiap siklus, bahwa terjadinya peningkatan setelah dilakukan tindakan, siklus I anak dengan kritria BB mencapai 28%, kriteria BSH mencapai 56%, kriteria BSB mencapai 16%, kemudian ditingkatkan kembali pada siklus II yaitu dengan kriteria BB mencapai 0%, kriteria BSH mencapai 12%, kriteria BSB mencapai 88%. Hasil ini menunjukan bahwa kegiatan pancak silat mampu meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.

Keywords: Mototik Kasar, Pancak Silat Tapak Suci

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung : Reneksa Cipta

_________(2007). Manajemen Pendidikan. Bandung : Rineka Cipta

Azies, F. dan A. Chaedar Alwasilah, H. (1996).Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Daryanto, 2010. “Media Pembelajaran; Cetakan I, Bandung;Satu Nusa.

Depdiknas.(2001). Aplikasi dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

E. Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Fitria, Sari Dewi. (2005). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Dawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara”. Malang: FKIP Universitas Negeri Malang.

F. Tanyong ,Agus (2009). “Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta” Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hakim, Thursan.(2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri.Jakarta : Puspa Swara

Makmun ,Abibin Syamsudin.(2009), Psikologi Kependidikan, Bandung :PT. Rosda Karya

. Nurbiana, Dhieni. (2008).Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta:PT Elangga

Syamsu LN. (2004), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, J. Lexy .(2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Suratno.(2005). Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas

Suyatno.(2005). Permainan Pendukung Bahasa & Sastra.Jakarta : PT Grasindo

Sofiani, Tama .(2008). Peningkatan Kepercayaan Diri Pada Siswa DalamPembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Visual Auditorial Kinestetik.Jurnal. Surakarta : FKIP UMS.
Published
2017-12-30
Abstract viewed = 895 times
PDF downloaded = 490 times