Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Congklak

  • Sya'aroh Yuliasih STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan tradisional congklak di RA Binaul Ummah Cigugur - Kuningan. Metode penelitian adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 36 anak. Hasil penelitian ini yaitu : Perencanaan dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan tradisional congklak di RA Binaul Ummah Cigugur – Kuningan, sesuai dengan hasil observasi awal pada siklus I yang termasuk kategori sangat baik 0%, kategori baik 6%, kategori cukup 83%, dan kategori kurang 11%. Hal ini menunjukkan perencanaan kemampuan awal berhitung anak usia dini masih rendah sebelum dilaksanakan pembelajaran melalui permainan tradisional congklak masih belum maksimal. Pada siklus II hasil persentase tingkat ketercapaian keberhasilan aktivitas siswa kategori sangat baik mencapai 86%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berhitung anak usia dini masih rendah. Pada siklus I yang termasuk kategori sangat baik 0%, kategori baik 8%, kategori cukup 83%, dan kategori kurang 8%. Peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan tradisional congklak. Proses pembelajaran meningkat, dari sebelum peneliti melakukan tindakan guru belum menggunakan permainan tradisional conngklak pada anak kelompok Binaul Ummah. Hal ini menujukkan bahwa kemampuan berhitung anak pada siklus II sudah baik dan dianggap tuntas. Persentase tingkat ketercapaian kemampuan berhitung anak pada siklus I yang termasuk kategori BSB 9%. Kemudian mengalami peningkatan sangat baik pada siklus II yaitu anak yang termasuk kategori BSB mencapai 75%. Hal ini menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan tradisional congklak di RA Binaul Ummah Cigugur sudah efektif dan sudah terlaksana dengan baik.

Keywords: Kemampuan Berhitung Anak, Permainan Tradisional Congklak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Triharso. (2013). Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakrta: C.V Andi Offset.

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Anggani Sudono. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.

Asri Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Beaty Janice J. (2015). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. (Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.

Diah Rahmawati dan Rosalia Destarisa. (2016). Aku Pintar dengan Bermain. Solo: Tiga Serangkai.

Enok, Dedeh, dan Mira Mayasarokh. (2022). Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Engklek. P ISSN 2548-6284 E ISSN 2615-0360. Vol. 7 No. 1 Desember 2022. STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Husdarta dan Nurlan. (2010). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Iswinarti. (2017). Permainan Tradisional Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Keen Achroni. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.

Marzoan, Hamidi. (2017). Permainan Tradisional sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa. Journal An-Nafs.2 (1). (42-55)

Mulyono Abdurrahman. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Novi Mulyani. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Santi. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Tradisional Congklak di Taman Kanakkanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini. Volume 6 Nomor 1 Tahun 2020. ISSN: 2476 – 9363.Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar.

Siti Partini Suardiman. (2003). Metode Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta. Yogyakarta: FIP UNY.

Sujiono, dkk. (2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono Yuliani Nurrani. (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Penerbit Universita Terbuka.

Suyanto Slamet. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.

Trisno Yowono. (1999). Kamus. Surabaya: Arkola.

Uswatun Hasanah. (2018). Psikologi Perkembangan. Depok. PT. Rajagrafindo Persada.

Zainal Aqib. (2011). Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Bandung: Nuansa Aulia.

Published
2023-12-20
Abstract viewed = 91 times
pdf downloaded = 71 times