The Relationship Of Self Esteem And Physical Fitness To Learning Achievement In Jabal Toriq Boarding School Students

  • Husni Mubarok Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinar Dinangsit Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anggi Setia Lengkana Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Learning achievement is the result of evaluating students using tools after the learning process is carried out in a planned manner, both in terms of material and time. The desired learning achievement is adjusted to the types and activities in research or measurement. Whether or not participants achieve optimal performance can be influenced by several factors, including psychological factors (self-esteem) and physiological factors (physical fitness). This study aims to determine the relationship between self-esteem and physical fitness on learning achievement. The research subjects were 120 Jabal Toriq Boarding School Senior High School. This research is quantitative research with a correlational design. The study results show a significant relationship between self-esteem and physical fitness in the learning achievement of Jabal Toriq Boarding School High School students in 2021/2022, Even during the Semester Academic Year on PJOK subject matter. This is evidenced by the value of p < significance level (0.000 < 0.05) and also the correlation level of 0.892, which is included in the interval (0.80 – 1.000) powerful category

Keywords: Self Esteem, Physical Fitness, Learning Achievement

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, Ikhwan, Humaedi Humaedi, and Muhammad Agusman. 2020. “Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Siswa.” JOSSAE : Journal of Sport Science and Education 5(2):75. doi: 10.26740/jossae.v5n2.p75-82.

Aditia, Anggi. 2019. “Pengaruh Self Esteem Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Dan Angkatan 2017 Universitas Siliwangi (Survei Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi).” Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya 7–31.

Akhmad, Imran. 2016. “Filosofi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK).” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan 11.

Budiarti, Endang Rini Sukamti; Muhammad Ikhwan Zein; Ratna. 2016. “Profil Kebugaran Jasmani Dan Status Kesehatan Instruktur Senam Aerobik Di Yogyakarta.” Jurnal Olahraga Prestasi 12(2):116313. doi: 10.21831/jorpres.v12i2.11875.

Budiwanto, Setyo. 2017. “Metode Statistika: Untuk Mengolah Data Keolahragaan.” Metode Statistika 1–233.

Cleopatra, Maria. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5(2):168–81. doi: 10.30998/formatif.v5i2.336.

Hadiono. 2019. “Peningkatan Vo2Max Dan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Menggunaan Metode Bleep Test.” SATRIA Journal Of "Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis 2(1):26–34.

Hasanah, Atsna Nur. 2020. “Statistik II : Analisis Korelasi Ganda.” Academia.Edu 1–11.

Herdiana. 2015. “Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Agresivitas Pada Anggota Pencak Silat : Study Pada PSHT Dan IKS PI Kera Sakti Bojonegoro.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim 53(9):1–90.

Hidayat, Abas, and Fani Juliyanto Perdana. 2019. “Pengaruh Self-Efficacy Dan Self-Esteem Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon.” Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia 4(12):1. doi: 10.36418/syntax-literate.v4i12.824.

Julia, Yosie. 2017. “Pengaruh Self Esteem Terhadap Aktivitas Belajar Kelas Xi Ips Di Sma Santo Fransiskus Asisi Pontianak.” Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak 6:5–9.

Juniar, Dicky Tri, Aang Rohyana, and Agus Arief Rahmat. 2019. “Pengembangan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam Meningkat Pemahaman Dan Aktivitas Belajar Mahasiswa.” JUARA : Jurnal Olahraga 4(1):15. doi: 10.33222/juara.v4i1.381.

Lengkana, Anggi Setia. 2013. “Pengaruh Kids Athletics Terhadap Self-Esteem Dan Kebugaran Jasmani (Studi Expast Facto Pada Siswa Sekolah Atletik Pajajaran).” Universitas Pendidikan Indonesia 1–18.

Mahdoni, Syahniar, and Alwen Bentri. 2017. “Hubungan Self Esteem Dengan Prestasi Belajar Siswa Underachiever Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling.” Proceedings Internasional Counseling and Education 80–87.

Ningrum, Setyani Yulia. 2011. “Belajar Siswa Kelas X Dalam Program Yayasan Pembinaan Pembangunan Masyarakat.” Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang 9.

Ningtyas, MN. 2014. “Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian.” Metode Penelitian 32–41.

Putra, Subha Dewa. 2018. “Hubungan Harga Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Somba Opu Sungguminasa Gowa.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Ramadan, Gilang & Juniarti, Yenti. 2020. Metode Penelitian : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. CV Sadari Press.

Ramadan, Gilang. 2022. “Physical Activity in School Children in a Pandemic Period?: A Systematic Review.” JUARA : Jurnal Olahraga 7(2):367–77. doi: 10.33222/juara.v7i2.1982.

Rismayanti, Cerika. 2012. “Hubungan Status Gizi Dan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran 42(1):117021. doi: 10.21831/jk.v42i1.2229.

Rudianto, Tatang Muhtar, Dinar Dinangsit. 2017. “Meningkatkan Pembelajaran Gerak Dasar Service Pendek Pukulan Backhand Dalam Permainan Bulutangkis Melalui Media Dinding.” S p o R T I V E 2:81.

Rustini, Tin. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar Ips Dan Self Esteem Siswa Sd Melalui Multimedia Dalam Pembelajaran IPS( Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas IV SDN Di Kecamatan Cibiru-Bandung ).” EduHumaniora 6(2):115–24.

Safitri, Widayanti Ratna. 2014. “Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Kejadian Demam Berdarah Dengue Dengan Kepadatan Penduduk Di Kota Surabaya Pada Tahun 2012 - 2014.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 1(3):1–9.

Subarjah, Herman. 2016. “Hubungan Antara Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa.” Hubungan Antara Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa 9(1):117–30.

Sudirjo, Encep, Dewi Susilawati, Anggi Setia Lengkana, and Muhammad Nur Alif. 2019. “Pendampingan Dan Pelatihan Keseimbangan Tubuh Pada Guru Pjok Sekolah Dasar.” Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 18(2):93–101. doi: 10.20527/multilateral.v18i2.7619.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.” Bandung: Penerbit Alfabet.

Suharto, Faisal, Tatang Muhtar, and Dinar Dinangsit. 2019. “Meningkatkan Kecepatan Reaksi Passing Bawah Bola Voli Melalui Permainan Shuttle Run Di Kelas V Sd Malaka Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang.” Psikologi Perkembangan (October 2013):1–224.

Tauhidman, Hilal, and Gilang Ramadan. 2018. “Pengembangan Model Latihan Keseimbangan Untuk Sekolah Dasar.” Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran 4(1):133. doi: 10.29407/js_unpgri.v4i1.12012.

Umami, Wella Herta. 2018. “Analisis Kualitas Layanan Website E-Filing Menggunakan Metode Webqual Dan Ipa (Studi Kasus: Kpp Pratama Palembang).” Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang hlm 9.

Published
2022-10-01
How to Cite
Mubarok , H., Dinangsit , D., & Lengkana , A. S. (2022). The Relationship Of Self Esteem And Physical Fitness To Learning Achievement In Jabal Toriq Boarding School Students. JUARA : Jurnal Olahraga, 7(3), 512-525. https://doi.org/10.33222/juara.v7i3.2265
Abstract viewed = 1664 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)