Kajian Etnopedagogi pada Kesenian Bangreng di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai etnopedagogi yang terdapat pada kesenian Bangreng di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperloleh dari hasil observasi, wawancara langsung ke lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah kartu data untuk menginterpretsikan nilai-nilai etnopedagogik yang terdapat pada kesenian Bangreng.. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa etnopedagogi Sunda muncul dalam kesenian Bangreng. Bagaimanapun, hal-hal yang ditemukan merupakan hasil interpretasi oleh peneliti. Etnopedagogi Sunda dalam seni bangreng diinterpretasikan berdasarkan rangkaiannya. Hal ini dikarenakan etnopedagogi Sunda dapat dilihat melalui aktivitas yang dimunculkan, ketika dijelaskan makna dari setiap rangkaiannya. Walaupun dalam seni bangreng mencakup tiga struktur yaitu rangkaian, alat, dan pelengkap, namun dari ketiga struktur tersebut rangkaian seni bangreng lebih tepat tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai etnopedagogi yang terdapat pada kesenian Bangreng di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperloleh dari hasil observasi, wawancara langsung ke lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah kartu data untuk menginterpretsikan nilai-nilai etnopedagogik yang terdapat pada kesenian Bangreng.. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa etnopedagogi Sunda muncul dalam kesenian Bangreng. Bagaimanapun, hal-hal yang ditemukan merupakan hasil interpretasi oleh peneliti. Etnopedagogi Sunda dalam seni bangreng diinterpretasikan berdasarkan rangkaiannya. Hal ini dikarenakan etnopedagogi Sunda dapat dilihat melalui aktivitas yang dimunculkan, ketika dijelaskan makna dari setiap rangkaiannya. Walaupun dalam seni bangreng mencakup tiga struktur yaitu rangkaian, alat, dan pelengkap, namun dari ketiga struktur tersebut rangkaian seni bangreng lebih tepat tersebut.
Downloads
References
Endraswara, S. (2020). Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Ombak.
Hadi.S dan Suparli.L (2019) Estetika Tari Pada Jenis Kesenian Bangreng Di Sumedang. Jurnal Seni Makalangan, Vol. 6 No. 1
Haerudin, D., & Koswara, D. (2017). Transformasi dan Kajian Etnopedagogi Naskah Wawacan Sulanjana. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1), 1–20. https://doi.org/10.31291/jlk.v15i1.513
Ningsih, D. N., & Erdlanda, F. M. (2019). Nilai Pendidikan Dalam Kesenian Rengkong Di Cianjur Jawa Barat: Kajian Etnopedagogi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(01).https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i01.201
Nur, A.G - (2019) Perubahan Struktur Penyajian Dan Fungsi Seni Bangreng Pada Lingkung Seni Giri Asih Di Kecamatan Salawu .Skripsi, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Ratna, N. K. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Sosial HumanioraPada Umumnya. Pustaka Pelajar
Ria I. T., dkk, (2018). “Kesenian Bangreng di Kabupaten Sumedang”, Laporan Perekaman Peristiwa Sejarah dan Budaya, Bandung: BPNB Jabar.
Rohaedi, E. Nurjanah, N. (2023) Upacara Serentaun dalam perspektif Etnopedagogi. Jaladri, Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 9 (01). https://doi.org/10.33222/jaladri.v9i1.2489
Sofian, N (2019) Bangreng As A Means Of Spreading Islam. HUNAFA, Jurnal Studi Islamika, Vol. 16 No. 1 tahun 2019). 19-32.https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jsi.v16i1.503.19-32
Sudaryat, Y. (2015). Wawasan Kesundaan.: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah UPI Bandung
Copyright (c) 2023 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan disediakan untuk tujuan lain apa pun atau kepada pihak lain mana pun.