JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri <p align="justify"><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jaladri</span></span></em> <span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2015, dengan ISSN 2443-194X (print) dan ISSN: 2548-2106 (online). Untuk menjawab tantangan zaman. Jaladri hadir juga dalam bentuk jurnal digital elaktronik pada tahun 2016, di awal dengan mengajukan ISSN online yang bersetatus on progres, dan meningkatkan kualitas tulisan yang akan diterbitkan dengan menggandeng mitra besar internal dan eksternal sehingga tulisan yang terpublish merupakan tulisan yang layak dan luas dengan bidang keilmuan dan sesuai dengan etika publikasi. Pada Jaladri online juga menampung hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, aplikasi, teori, kritik, dibidang bahasa dan sastra yang belum dikunjungi di jurnal lain.</span></span></p> en-US <p>The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.</p> triwahyuniheti@upmk.ac.id (Heti Triwahyuni) ropiah10@upmk.ac.id (Opah Ropiah) Mon, 25 Apr 2022 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI MORAL DALAM NOVEL HANDEULEUM NA HATE BEUREUM KARYA CHYE RETTY ISNENDES http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1592 <p><em>This study aims to describe the structure and moral values ​​contained in the novel Handeuleum na Haté Beuruem by Chye Retty Isnendes. The method used in this research is descriptive analysis using data collection techniques, literature review and data analysis. Based on the analysis of the structure of the story, the theme of this novel is about love. The flow used is the forward flow. There are 11 characters. There are 14 place settings in this novel, the background of the situation is sad and disappointed. The point of view uses a third-person omniscient point of view. The language style used is hyperbole, personification style, pleonasm language style, babasan language style and proverb, and foreign language style. Based on the results of the analysis of human moral values ​​to God, namely believing in destiny and God's power, human morals towards themselves are trustworthy, smart, wise, self-aware, busy, selfish, and suudzon, humans towards other humans understand others, respect others, caring, sociable, wise, flirtatious, indifferent, arrogant, envious, curious, human morals towards time, namely making time effective, human morals to get inner and outer happiness, namely the footing in satisfying desires</em></p> Denti Yolanda, Opah Ropiah Copyright (c) 2022 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1592 Tue, 26 Apr 2022 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA BALAD PADA PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA SUNDA SISWA SD http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1593 <p>Penelitian ini didasarkan pada kurangnya kosakata bahasa Sunda siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Tasikmlaya. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran <em>aksara balad</em> &nbsp;yang dapat membantu meningkatkan kosakata bahasa sunda anak. Penelitian ini menggunakan metode <em>Research and Development</em><em>.</em> Hasil penelitian tahap validasi ahli media yaitu sebesar 94%&nbsp; kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi yaitu sebesar 95% kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi guru yaitu sebesar 100% kategori “Sangat Layak”. Dan hasil validasi praktisi pembelajaran yaitu sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Sementara itu, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 86.25% dengan kategori “Sangat Layak” dan&nbsp; pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor 84.5% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”. Penelitian dilakukan di SDN Sukasenang berbantuan N-Gain dengan skor hasil rata-rata sebesar 0.8 atau 80% &nbsp;dengan kategori “Efektif”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajran <em>aksara balad</em> efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Sunda sebagai media untuk meningkatkan kosakata siswa SD.</p> <p>&nbsp;</p> Eki Hilman Rasyid Eki, Mohammad Fahmi Nugraha, Budi Hendrawan Copyright (c) 2022 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1593 Tue, 26 Apr 2022 01:29:58 +0000 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA-2 PADA MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA MATERI CARITA PONDOK MELALUI STRATEGI BELAJAR PQ4R DI SMA NEGERI 1 CIKIJING http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1691 <p>Berdasarkan hasil penelitian diketahui pembelajaran dengan penggunakan strategi belajar PQ4R perlu dilaksanakan dalam pembelajaran dikelas, karena strategi belajar tersebut dapat meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar siswa. Selain itu, strategi belajar ini merupakan salah satu tipe strategi elaboratif karena dalam pembelajaran tersebut terjadi proses penambahan rincian dari informasi baru sehingga lebih bermakna.</p> <p>Menurut dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, kesulitan siswa adalah memahami materi dari bacaan yang terlalu panjang. Hal tersebut dapat menunjukan bahwa mereka tidak memahami tentang apa yang mereka baca, hal tersebut berakibat pada hasil belajar yang kurang maksimal dan cenderung rendah serta tingkat ketuntasan hasil belajar yang masih belum tercapai. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, diperlukan suatu alternatif strategi pembelajaran yang tepat dan menarik. Salah satu srtategi belajar yang menarik menurut peneliti untuk diterapkan adalah dengan menggunakan strategi belajar PQ4R dalam Pembelajaran Bahasa Sunda. Strategi belajar PQ4R <em>(Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) </em>adalah suatu strategi yang digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca (Trianto, 2007:93). Langkah langkah strategi belajar PQ4R meliputi:</p> <ol> <li><em>Preview</em></li> </ol> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Guru memberikan bacaan kepada siswa kemudian tugas siswa membaca dengan cepat dengan memperhatikan judul-judul dan topik utama, baca tujuan umum dan rangkuman, dan rumuskan isi bacaan tersebut membahas tentang apa</p> <ol start="2"> <li><em>Question</em></li> </ol> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Siswa mendalami topik dan judul utama dari bacaan dengan mangajukan pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan di dalam bacaan tersebut, kemudian mencoba menjawabnya sendiri.</p> <ol start="3"> <li>Read</li> </ol> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Guru memberi tugas kepada siswa membaca bahan secara cermat, dengan mengecek jawaban yang diajukan pada langkah kedua</p> <ol start="4"> <li><em>Reflect</em></li> </ol> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Siswa melakukan refleksi sambil membaca dengan cara menciptakan gambaran visual dari bacaan dan mengubungkan informasi baru di dalam bacaan tentang apa yang telah diketahui</p> <ol start="5"> <li><em>Recite</em></li> </ol> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Guru meminta pada siswa untuk membuat inti sari dari keseluruhan tugas kepada siswa membaca bahan bacaan secara pembahasan materi dalam bacaan yang di pelajari siswa hari ini.</p> <ol start="6"> <li><em>Review</em></li> </ol> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kegiatan menugaskan siswa mangulang membaca inti sari yang dibuatnya dari rincian ide pokok yang ada dalam benaknya dan meminta siswa membaca kembali bahan bacaan jika masih belum yakin dengan jawabannya.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Berdasarkan masalah-masalah diatas maka peneliti memilih mengguna-kan strategi belajar PQ4R. Karena strategi ini merupakan bagian dari strategi elaboratif yaitu strategi yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar dikelas dengan kegiatan membaca buku. Berdasarkan dari uraian diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas tentang penggunaan strategi belajar PQ4R dalam Pembelajaran bahasa sunda di SMA Negeri 1 Cikijing dengan judul : "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas XI MIPA-2 pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda Materi Carita Pondok Melalui Strategi Belajar PQ4R di SMA Negeri 1 Cikijing".</p> <p>&nbsp;</p> Yeni Kusmayati, Leni Nuraeni Copyright (c) 2022 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1691 Tue, 26 Apr 2022 02:08:07 +0000 NASKAH PARIRIMBON TATANEN: KAJIAN FILOLOGI DAN STRUKTURAL http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1868 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya naskah-naskah Sunda kuno yang menggunakan aksara, yang pada saat ini sudah jarang dipakai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui deskripsi naskah, transliterasi, dan edisi teks dari naskah yang aksaranya sudah jarang dipakai tersebut, serta deskripsi struktur paririmbon dan mantra dalam naskah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian filologi dan analisis deskripsi tentang transliterasi naskah, dan struktur paririmbon dan juga mantra yang terkandung di dalam naskah Paririmbon Tatanén (PT). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah studi pustaka, studi lapangan, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis secara langsung. Hasil dari penelitian ini adalah transliterasi dan edisi teks naskah PT, dan 28 teks yang terbagi menjadi 3 teks non mantra dan 25 teks mantra. Struktur paririmbon yang terkandung di dalam naskah tersebut meliput judul dan isi, sedangkan struktur mantra yang terkandung di dalam naskah tersebut bisa dikategorikan menjadi 12 teks mantra jangjawokan, 8 teks mantra ajian, 1 teks mantra singlar, dan 4 teks mantra rajah. Berdasarkan hasil analisis deskripsi teks mantra, diketahui terdapat 82 makhluk halus yang dipanggil, 32 keterangan latar, 11 subjek lirik, 55 objek lirik, beberapa isi ceritaan, dan beberapa tujuan ceritaan teks mantra, sedangkan berdasarkan hasil analisis deskripsi konteks meliputi asal-usul naskah, syarat membeli naskah, barang-barang atau alat-alat yang harus disediakan, dan cara memperoleh naskah.</p> Ripal Maulana Copyright (c) 2022 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1868 Tue, 26 Apr 2022 02:24:39 +0000 ANALISIS STRUKTURAL DAN SEMIOTIK NOVEL PUPUTON KARYA AAM AMILIA http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1869 <p>Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis dan membahas pendekatan struktural dan semiotik pada novel Puputon karya Aam Amilia. Novel tersebut menggambarkan perjalanan Ismet yang penuh dengan nilai-nilai kehidupan yang bisa dijadikan pembelajaran kehidupan. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) struktur yang ada dalam novel Puputon karya Aam Amilia yang mencakup tema cerita, fakta cerita (galur, tokoh, dan latar), dan sarana cerita (judul, sudut pandang, dan gaya bahasa); (2) unsur semiotik (ikon, indeks, dan simbol) novel Puputon karya Aam Amilia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis dengan teknik telaah pustaka, analisis data, dan interpretasi. Hasil penelitiannya: (1) novel ini memilki tema sosial mengenai perjalanan Ismet. Fakta cerita yang terdapat dalam novel ini di antaranya alur maju, lalu tokoh yang ditemukan terbagi menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan, latarnya yaitu latar tempat dan waktu, sedangkan sarana cerita yang ditemukan yaitu judul Puputon yang diambil dari keadaan tokoh utama yaitu Ismet; (2) novel ini memiliki tanda yang mengandung makna, terlihat ada 23 ikon yang mayoritas menunjukkan panggilan sifat, 154 indeks yang mayoritas menunjukkan reaksi keadaan, dan 80 simbol yang mayoritas menunjukkan tanda waktu.</p> Aldi Rinaldi Copyright (c) 2022 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1869 Tue, 26 Apr 2022 02:37:11 +0000