Urgensi Penggunaan Bahasa Sunda dalam Proses Pendidikan di Pesantren Modern sebagai Upaya Pemertahanan Bahasa Daerah

  • Tri Agustini Gandaresmi Gandaresmi SMAN 1 Bojongpicung, Jln Jati, Jawa Barat, Indonesia
  • Edi Rohaedi STKIP Muhammadiyah Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang urgensi penggunaan bahasa sunda dalam proses pendidikan di pesantren modern sebagai upaya pemertahanan bahasa daerah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kajian pustaka. Hasil penelitian yang ditemukan antara lain menjelaskan bahwa pada dasarnya penggunaan bahasa sunda dalam proses pendidikan di pesantren modern memiliki tingkat urgensi yang tinggi sebagai upaya pemertahanan bahasa daerah. Selain itu, urgensi penggunaan bahasa Sunda juga menjadi penting sebagai bentuk menjaga kekayaan budaya daerah dan pemertahanan identitas kultural. Oleh sebab itu, maka urgensi penggunaan bahasa sunda dalam proses pendidikan di pesantren modern menjadi hal yang vital.bahasa sunda;  pendidikan;pondok pesantren;

Kata Kunci: bahasa sunda; pendidikan;pondok pesantren;

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anto, P., & Rahman, F. (2018). Jasus Bahasa: suatu metode pembelajaran bahasa asing di pesantren modern (representasi dalam novel berlatar pondok modern Gontor). In Pesona: Pekan Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 21-33).
Bawa, I Wayan. 1981. Pemakaian Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar. Denpasar: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Udayana.
Dienaputra, D. (2011). Sunda: Sejarah, Budaya, dan Politik. Sumedang: Sastra Unpad Press.
Effendy, M. H. (2017). Potret Implementasi Muatan Lokal Bahasa Madura Pada Madrasah di Pesantren. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 149- 169.
Fasold, Ralph. 1984. Sociolingustics of Society. New York: Basil Black Well Inc. Maarif, S. (2015). Pesantren Inklusif Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Kauka
Dipantara.
Moriyama, M. (2015). Bahasa Sunda dalam Berdoa. Islam dan Regionalisme, 107-
116.

Nugraha, D., & Maulana, W. A. (2015). Rancang Bangun Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda Untuk Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Multimedia. Cloud Information, 1(1).
Nurjanah, N. (2014). Menjadikan Lembaga Pendidikan sebagai Wadah Pembinaan Bahasa Daerah: Kajian terhadap Pembinaan Bahasa Sunda di Lembaga Pendidikan Kota Bandung. SOSIOHUMANIKA, 7(2).
Purnomo, H. (2017). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Yogyakarta: Bildung Pustaka Utama.
Purwasih, R., Rahman, A., & Herman, H. (2018). Kebijakan Pimpinan Pesantren Modern dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing Santri. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(1), 1-17.
Rosidi, A. (1985). Manusia Sunda. Jakarta: Inti Dayu Press.
Rosidi, A. (2010). Masa Depan Budaya Daerah. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya. Setiawan, Y., Kosasih, A., & Komariah, S. (2015). Pola adaptasi sosial budaya kehidupan santri pondok pesantren nurul barokah. SOSIETAS, 5(1).
Solihin, I. (2017). Strategi Pembelajaran Nahwu Di Pesantren Ciloa Garut Dan Al-Ihsan Bandung. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(2), 359-372.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.
Syafii, M. L., Sugianto, A., & Cendriono, N. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Disiplin Bahasa dengan Pendekatan Logic Consequence Di Pondok Modern. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 55-64.
Syafii, M. L., Sugianto, A., & Cendriono, N. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Disiplin Bahasa dengan Pendekatan Logic Consequence Di Pondok Modern. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 55-64.
Weinrich, Uriel. 1968. Language in Contact. The Hague-Paris: Mouton. Widianto, E. (2015). Interferensi Bahasa Arab dan Bahasa Jawa Pada Tuturan
Masyarakat Pondok Pesantren Sebagai Gejala Pergeseran Bahasa. Prociding LAMAS (Language Maintenance and Shift) V Diponegoro University. September 2-3, 2015. Hal. 262-266.
Yanti, N. (2021). Nadoman Sebagai Ruang Negosiasi Dalam Pertemuan Islam Dan Budaya Sunda. Lopian: Jurnal Pengetahuan Lokal (Jurnal Penelitian/Budaya), 1(1), 1-23.
Yoda, F. A., & Mardiansyah, Y. (2020). Campur Kode Bahasa Sunda Ke Dalam Bahasa Arab Pada Percakapan Santri Pondok Pesantren Al-Basyariyah Cigondewah Bandung (Kajian Sosiolinguistik). Hijai-Journal on Arabic Language and Literature, 3(1), 1-9.
Diterbitkan
2023-10-28
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 117 times
pdf downloaded = 96 times