Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Membaca Dongeng di Kelas VII MTs Terpadu Riyadul Badiah

  • Mayang Regina STKIP Muhammdaiyah Kuningan
  • Fajar Sukma Nur Alam STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang kurangnya kemampuan siswa dalam membaca dongeng di MTs Terpadu Riyadul Badiah. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan antara lain untuk: satu, kemampuan membaca dongeng siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. dua, mengetahui kemampuan membaca dongeng siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. tiga, mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan membaca dongeng siswa di MTs kelas VII. Metode penelitian yang dipakai adalah metode eksperimen dan jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A selaku kelas eksperimen dan siswa kelas VII B selaku kelas kontrol. Teknik mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan the prites postes control group design. Hasil penelitian menghasilkan model kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil membaca dongeng siswa, jika sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata (mean) jauh dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)begitu pun dengan kelas kontrol jauh dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw nilai rata-rata (mean) kelas eksperiman yang sama dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) meningkat. Dan dilihat dari uji-t nilai sig.lebih kecil. Maka dari itu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan membaca dongeng siswa di kelas VII MTs Terpadu Riyadul Badiah.

Keywords: model pembelajaran, kooperatif tipe jigsaw, dongeng

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode
Pembelajara di Sekolah. Perpustakaan Nasional Katalog dalam Terbitan
(KDT) (Vol. 392, Issue 2).
https://doi.org./10.1007/s00423-006-0143-4

Andani, R. T. (2020). Model Pangajaran
Directed Reading- Thinking Activity
(DR- TA) Pikeun Ngaronjatkeun
Kamampuh Maca Pamahaman Sajak
(Studi Kuasai Eksperimen ka Siswa
Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 15
Bandung Taun Ajaran 2019/2020
[Universitas Pendidikan Indonesia].
https://repository.upi.edu/53841/

Anggraeni, W. (2019). Strategi Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa. Indonesian Journal of Science
and Mathematics Educations, 2(1), 98-106

Arif, S. (2010). Penerapan Metode Eksperimen
untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau Siswa
Kelas V SDN Dandanggendis
Kecamatan Nguling Kabupaten
Pasuruan. Library.um.ac.id.
Budi Rahayu Tamsyah, S. (1997). Pangajaran
Sastra Sunda Pikeun Siswa SD-SLTP-SMU, jeung Umum. Pustaka Setia

Casnan. (2021). Statistika Deskriftif. K Media

Harahap, R. A. (2019). Membangun
Kecerdasan Anak Melalui Dongeng.
Generasi Emas

Hertiavi, H. L. (2010). Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Untuk Peningkatan Kemampuan
Pemecahan Masalah Siswa SMP.
Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2)

Iskandarwassid, Spk. (2004). Model-model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Sunda . Bandung: Wahana Karya Grafika.

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber
Pengembangan Intelektual. Al Daulah :
Jurnal Hukum Pidana Dan
Ketatanegaraan, 5(2), 352-376.
http://doi.org//10.2452/ad.v5i2.4854

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Di
Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi
Aksara.

Ramadan, E., & Triwahyuni, H. (2020).
Evektifitas Pembelajaran Menyimak
Dongeng Berbasis Youtube Dalam
Pembelajaran Bahasa Sunda Pada
Masa Pandemi Covid-19. Indonesia
Journal Of Science, 1(1), 18-26

Rusman, M. (2012). Model- model
Pembelajaran Mengembangkan
Profesionalism Guru. Rajawali Pers.

Ropiah, O., & Rifai, I. (2020). Pengaruh
Penggunaan Media Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Pupujian Sunda. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Prmbelajaran, 8(3), 125- 130.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Alfabeta.

Tarigan. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit Angkasa Bandung.
Published
2023-10-30
Section
Articles
Abstract viewed = 56 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 49 times