Peran Pendidik dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini

  • Mawarni Purnamasari UIN Sunan Kalijaga
  • Na’imah Na’imah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran pendidik dalam perkembangan anak usia dini. Tulisan ini mengulas mengenai peran pendidik dalam perkembangan dan pertumbuhan anak melalui konsep psikologi perkembangan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yang melibatkan peneliti studi pustaka (studi literatur). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara teoritik terdapat tiga teori terdahulu dalam perkembangan  dan pertumbuhan anak, diantaranya adalah teori Piaget, teori Vygotsky, dan  Bowlby. Menurut Piaget, anak usia dini memiliki pikiran yang pra-operasional dimana anak sudah mampu mengembangkan tindakan terstruktur untuk menghadapi lingkunganny. Selanjutnya menurut Vygotsky perkembangan anak pada masa menuju pra-sekolah didasari oleh jenis-jenis interaksi yang dimiliki anak di lingkungan sosialnya yang berpusat pada pencapaian tugas perkembangan. Dan menurut Bowlby dengan teorinya yaitu attachment (melekat) anak berkosentrasi pada kebutuhan mereka untuk mempertahankan kedekatannnya kepada orang tuanya atau pengasuhnya (termasuk pendidik). Terdapat banyak faktor yang menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar/lingkungan).

Keywords: anak usia dini, peran pendidik, psikologi perkembangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia TK. Jurnal Ilmiah Visi, 10 (1), 9– 20.

Arifin, I. (2010). Kepemimpinan dan pendidikan karakter di Indonesia. Orasi ilmiah wisuda sarjana dan magister IKAHA Tebuireng Jombang. Panitia Wisuda IKAHA Tebuireng.

Arifin, S. (2016). Perkembangan Kognitif Manusia Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam. Jurnal TADARUS 5, 5(1), 50–67.

Chamidah, A.N. (2009). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Khusus, 4 (3), 83–93.

Depdikbud. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Kompetensi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Fakhruddin, A.U. (2010). Sukses menjadi Guru TK-PAUD. Jogjakarta: Bening.

Leikin, R., & Dinur, S. (2011). Patterns of Flexibility: Teacher’s Behavior in Mathematical Discussion. European Researchin Mathematics Education, 3, 1–11.

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Nurkholida, E. (2018). Developing Authentic Material Of Listening on Higher Education. Based On Constructive Learning Of Jean Piaget and Vygotsky Theory. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12 (1), 59–74.

Patilima, H. (2015). Resiliensi Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Paul, S. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Permono, H. (2013). Peran Orangtua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Publikasi Ilmiah. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3994

Pratiwi, H., Ali, Yarliani, I., & Ageng, D. (2017). Penyesuaian Konsep Matematika Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2 (1), 51–64.

Roopnarine, J. L., & Johnson, J. E. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. (Terjemahan) Jakarta: Prenamedia Group.

Santrock, Jhon W. (2011). Child Development (13th edition). New York: McGraw-Hill Companies.

Santrock, John W. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Setiawan, E. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Solihin, Malateki, R.D., Anwar, F., & Sukandar, D. (2013). Kaitan Antara Status Gizi, Perkembangan Kognitif, dan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Prasekolah (Relationship Between Nutritional Status, Cognitive Development, and Motoric Development in Preschool Children). Penelitian Gizi Dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research), 36 (1), 62–72.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Published
2020-06-30
Abstract viewed = 16441 times
pdf downloaded = 11291 times

Most read articles by the same author(s)