Resistensi Guru PAUD Mengajar dii Masa Pandemi Covid-19

  • Siti Nur Hayati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurhayati Nurhayati UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Na’imah Na’imah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada motivasi guru dapat bertahan mengajar di masa pandemi Covid-19 serta perannya, dengan memfokuskan pada faktor apa saja yang mempengaruhi guru untuk tetap bertahan mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi guru bertahan mengajar di masa pandemi Covid-19 serta perannya pada TK Islam Sakinah, yang menjadi sumber dan infoman dalam penelitian adalah 2 orang guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data diperoleh dari penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah, faktor motivasi guru bertahan mengajar di masa pandemi Covid-19 adalah besarnya rasa tanggung jawab yang dimiliki guru terhadap pendidikan anak usia dini, guru memandang profesi guru adalah pekerjaan yang mulia, apresiasi dari masyarakat sekitar lingkungan sekolah, support moral yang diberikan oleh Kepala Sekolah, serta lingkungan yang aman dan kondusif.

Keywords: resistensi, guru, Pandemi Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyudin, M., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Tunjangan Honor Guru terhadap Peningkatan Kinerja Guru di YPI Al Amanah Pajeleran Sukahati Cibinong Kabupaten Bogor. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.47476/as.v3i1.275

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Terhadap Peningkatan Prestasi Kerja Guru. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 178–188.

Kartika, N. K., & Ambara, D. P. (2021). Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 381. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39952

Kerja, P., Pada, K., & Pangrango, H. (2020). Creative research management journal. 3(2006), 77–84.

Lisna, A., & Munastiwi, E. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 7–13. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1052

Mawarni Purnamasari, & Na’imah, N. (2020). Peran Pendidik dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 295–303. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.990

Merdja, J., & Seto, S. (2020). Pengaruh Pemberian Gaji Terhadap Motivasi Kerja dan Profesionalisme Guru Honor. Pedagogika, 11(1), 42–48. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v11i1.99

Muhaimin, K. M. (2019). Resistensi Guru Mengajar di Daerah Terpencil. 576–587. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2581/2399

Murti, S. dan heryanto. (2020). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983

Novianto, G. D., Herman, D. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh bagi Pendidik dan Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 98–111.

Ridwan, A., Siswanto, E., Susanto, S., Setianto, Y. C., Muslimin, S., & Arifin, M. Z. (2021). Penerapan Metode Belajar Daring untuk Pendidikan Anak Usia Dini S/D Pendidikan Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(01), 30. https://doi.org/10.30736/jab.v4i01.86

Sesri Utami, P., & Jaya, I. (2021). Motivasi Belajar Anak Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Awal Sekolah Dasar Kecamatan Sutera. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 239–246. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1318

Shoim, I., Kustiyah, E., & Sudarwati, S. (2019). Analisis Motivasi, Kompetensi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smp Al-Islam 1 Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01), 186–192. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.478

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(September), 133–140. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394

Tribun News. (2021). Update Covid-19 Global. Berita Edukasi. Diakses 18 November 2021 https://www.tribunnews.com/corona/2021/11/18/update-covid-19-global-18-november-2021-indonesia-urutan-92-negara-dengan-kasus-aktif-terbanyak.

Published
2022-06-25
Abstract viewed = 276 times
pdf downloaded = 224 times